Home > METRO BERITA > Komisi B Dorong Bonbin Mangkang Jadi Perusda

Komisi B Dorong Bonbin Mangkang Jadi Perusda

Bonbin Mangkang. Foto Metro/dok
Bonbin Mangkang. Foto Metro/dok

SEMARANG – Komisi B DPRD Kota Semarang mendorong pengembangan pariwisata di Kota Semarang. Salah satunya dengan mendukung pengembangan Taman Margasatwa Semarang (Bonbin Mangkang) menjadi perusahaan daerah (perusda). Jika menjadi perusda dan dikelola secara profesional diyakini Bonbin Mangkang akan semakin berkembang.

Sekretaris Komisi B DPRD Kota Semarang Novriadi mengatakan, saat ini Bonbin Mangkang kurang digarap maksimal. ‘’Sebagai kota metropolitan sebaiknya Semarang memiliki wahana wisata yang repesentatif, Bonbin Mangkang bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi,’’ katanya, usai rapat pembahasan APBD Perubahan 2014 bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Semarang, Kamis (7/8/2014).

Menurut Novriadi, pengembangan itu nantinya harus diikuti dengan tata kelola dan manajemen yang baik, salah satunya melalui pembentukan perusda. Saat ini rencana pendirian perusda Bonbin Mangkang memang sudah dilakukan. Kajian juga sudah dilakukan, sehingga dalam waktu dekat bisa dibuatkan perda (peraturan daerah) tentang pembentukan perusda baru.

‘’Kalau kajian berlangsung sesuai rencana tahun depan sudah dibuatkan perda, sekaligus juga mengalokasikan dana sehingga pengembangan bisa dilakukan dengan cepat,’’ ujar politisi asal Partai Demokrat ini.

Selain bonbin Mangkang, Komisi B DPRD Kota Semarang juga mendukung pengembangan wisata Gua Kreo di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati. Menurutnya saat ini wisata Gua Kreo terlihat ketinggalan jaman dari segi fasilitas penunjang wisata setelah Waduk Jatibarang digenangi.

Dia mencontohkan fasilitas mushola, toilet, lokasi pedagang kaki lima (PKL), dan lain sebagainya kelihatan usang sehingga tidak sesuai lagi dengan kemegahan Waduk Jatibarang yang sudah dipenuhi air ini.

‘’Makanya fasilitas itu perlu dibangun sehingga wisatawan akan semakin nyaman saat berkunjung ke Gua Kreo, Lebaran kemarin, kunjungan wisata ke sana meningkat tajam, ini menunjukan Gua Kreo makin diminati wisatawan,’’ tegasnya.  (MS-13)