Beranda METRO BERITA Komposisi Kelulusan, Dinas Pendidikan Tunggu Instruksi Pusat

Komposisi Kelulusan, Dinas Pendidikan Tunggu Instruksi Pusat

BERBAGI
Komposisi kelulusan siswa tahun ini masih harus menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Foto Ade Lukmono
Komposisi kelulusan siswa tahun ini masih harus menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Foto Ade Lukmono

SEMARANG – Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin mengaku belum mengetahui secara pasti mengenai mekanisme kelulusan siswa untuk tingkat SMA sederajat. Tapi dia memprediksi bahwa ketentuan penilaian kelulusan tidak akan jauh berbeda dengan tahun lalu.

“Untuk komposisi nilai kelulusan, kami masih menunggu pusat. Yang jelas itu merupakan penggabungan antara nilai Ujian Nasional (UN) dan Nilai Sekolah,” terang dia di sela kunjungan ke SMK Cut Nya Dien, Kamis (12/2).

Dijelaskan, bahwa nilai sekolah ditentukan berdasarkan nilai rapor dan nilai harian siswa. Bunyamin mengatakan, tahun 2014 lalu ketentuannya adalah 70 persen dan 30 persen.

Yang terpenting baginya adalah siswa selalu belajar dan latihan soal-soal. “Siswa bisa belajar soal-soal tahun sebelumnya. Biasanya tidak akan jauh-jauh pembahasan dan jangkauan soalnya,” tuturnya.

Selain membincang masalah UN, Bunyamin juga mengatakan pentingnya proses belajar mengajar di sekolah untuk menghasilkan output yang benar-benar baik.

Khusus untuk SMK, Bunyamin berharap, setiap pelajaran bisa menghasilkan sebuah produk. Produk ini nantinya diharapkan bisa dijual dan membeli bahan baku untuk pembuatan produk tersebut.

“Guru harus memfasilitasi dalam bidang marketing supaya siswa bisa langsung merasakan hasil belajarnya,” ungkap Bunyamin. (ade)