Home > METRO BERITA > METRO INFO > Komunitas Orart Oret Gelar “Linkar Rupa” November Nanti

Komunitas Orart Oret Gelar “Linkar Rupa” November Nanti

Linkar Rupa
Linkar Rupa

SEMARANG – Komunitas ORArT ORET mengadakan pameran yang akan digelar di Galeri Merak, Kota Lama Semarang pada 1 – 8 November 2014. Pameran seni rupa ini sendiri dilengkapi serangkaian diskusi dan workshop seni.

Konsep pameran mengambil filosofi sebuah lingkaran, dimana lingkaran disimbolkan sebagai kumpulan titik-titik yang bersatu membentuk lengkungan tertutup, selanjutnya titik-titik itu saling berinteraksi menuju satu titik pusat. “Melalui LINKAR RUPA, kebutuhan akan sarana presentasi karya-karya seni, dari sekumpulan seniman-seniman, oleh komunitas-komunitas seni untuk bisa berinteraksi dalam satu titik pusat berkesenian yang guyub bisa terpenuhi. Interaksi tersebut yang akan selalu dikembangkan bersama melalui berbagai ajang seni,” kata kordinator acara, Maretha Handoyo, kemarin (5/10).

LINKAR RUPA adalah pameran kedua yang diadakan ORArT ORET pada tahun 2014 ini dan diharapkan mampu menyuguhkan ragam karya seni. Pameran tersebut tidak dibatasi oleh tema tertentu, pemakaian media bebas bisa karya lama atau baru. Hal ini dimaksudkan untuk membangun iklim apresiasi yang membangkitkan pertanyaan demi pertanyaan.

“Kebebasan bukan tujuan utama dari pameran kali ini, melainkan dari kebebasanlah kita bisa menemukan jalan menuju batasan-batasan yang estetik,” imbuh Maretha. Dirinya menambahkan, ribuan imajinasi seniman akan bergelut di dalam media sederhana, untuk memenuhi ruang galeri dengan tatanan apik, sehingga sebagai sebuah pameran ter-visual-kan sebagai kesatuan titik pusat yang estetik.

Dan tak hanya itu saja, untuk merealisasikan pemikiran tersebut, ORArT ORET mengajak seluruh seniman, komunitas seni, dan infrastruktur seni terkait untuk turut serta berpartisipasi. “Maksimal 3 karya berukuran 29,7 X 21 cm, dan sudah ditempel pada kertas yellow board berukuran 34 X 25 Cm, tanpa pigura (frame). Tulis nama, judul, media, tahun pembuatan karya di belakang yellow board. Sertakan Curiculum Vitae dan kontribusi sebesar Rp 50 ribu,” pungkasnya.

Pengumpulan karya bisa dilakukan hingga 25 Oktober 2014 ke Rumpun Diponegoro, Jl. Elang IIA/ 12A Semarang 50272. CP : Maretha Handoyo 082227780101 / 024 – 6700602. (MS-15)