Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Kongres Sastra Jawa IV, Upaya Regenerasi Sastrawan Jawa

Kongres Sastra Jawa IV, Upaya Regenerasi Sastrawan Jawa

METROSEMARANG.COM – Kongres Sastra Jawa (KSJ) IV digelar di Kampung Budaya Universitas Negeri Semarang (Unnes) Kampus Sekaran Gunungpati. KSJ merupakan event yang diinisiasi oleh para sastrawan dan masyarakat yang peduli terhadap sastra Jawa.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

“Kami ingin berkumpul dan membahas berbagai isu yang mengemuka, serta mengupayakan agar sastra Jawa memiliki masa depan cerah,” beber Dhoni Zustiyantoro, Ketua panitia KSJ, saat ditemui usai pembukaan KSJ, Jumat (4/11).

Menurutnya kecerahan masa depan sastra Jawa dapat diupayakan mulai dari sisi pengarang, penerbit, pembaca, hingga peneliti bahkan kritikus sastra. KSJ yang merupakan even rutin tiap lima tahun sekali ini dimulai pada 2001 di Solo. Dhoni menambahkan, KSJ tidak bisa lepas juga dari Kongres Bahasa Jawa (KBJ).

“Awalnya KSJ terbentuk karena ada sebagian sastrawan yang belum terwadahi dalam KBJ, sehingga penyelenggaraan KSJ selalu atau hampir bersamaan dengan KBJ,” imbuhnya.

Mengambil tema Mbangun Generasi Sastra(wan) Jawa, KSJ IV terselenggara berkat kerjasama Organisasi Pengarang Sastra Jawa dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Unnes, Balai Bahasa Provinsi Jateng, dan Pemerintah Provinsi Jateng. Regenerasi pengarang sastra Jawa kata Dhoni, harus terus diupayakan, sebab merekalah yang mengampanyekan sastra Jawa melalui karya. (vit)