Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Konser Musik Bikin Hidup Lebih Bahagia, Ini Alasannya

Konser Musik Bikin Hidup Lebih Bahagia, Ini Alasannya

METROSEMARANG.COM – Musik memiliki dampak signifikan pada kehidupan kita sehari-hari. Anda tentu tak pernah membayangkan bagaimana dunia tanpa musik. Maka tak mengherankan jika sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa mereka yang pergi ke konser dan festival musik cenderung lebih bahagia dibanding orang lain.

Titi DJ di Krakatau Ballroom Hotel Horison Semarang, Jumat (6/5) . Menonton konser musik diyakini bisa meningkatkan level kebahagiaan. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Titi DJ di Krakatau Ballroom Hotel Horison Semarang, Jumat (6/5) . Menonton konser musik diyakini bisa meningkatkan level kebahagiaan. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Seperti dilansir dari your tango, studi ini menemukan orang-orang yang mendengarkan musik, menyanyi, atau menulis musik memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Psychology of Music, para peneliti mewawancarai sekitar 1.000 warga Australia melalui telepon. Salah satu pertanyaan yang diajukan tentang kebiasaan mereka mendengarkan music.

Hasilnya, orang yang pergi ke konser memiliki tingkat kepuasan dengan kehidupan mereka yang lebih besar. Fakta ini juga berarti bahwa mereka tingkat perekonomian mereka lebih mapan, bahkan untuk membeli tiket konser yang mahal.

Peneliti juga mengemukakan bahwa dengan menonton konser musik, orang cenderung akan ikut menari dan berkomunikasi untuk memperkuat hubungan dan ikatan satu sama lain. Hal itulah yang membuat mereka lebih bahagia dan menikmati hidup.

Mereka yang sengaja berinteraksi dengan musik adalah mereka yang menggunakan musik sebagai ekspresi emosi mereka. Dan biasanya dampaknya akan lebih kuat bila dibagi atau didengarkan bersama-sama.

Nah, dengan fakta-fakta tersebut bisa disimpulkan jika ingin mencapai level kebahagiaan yang lebih tinggi, Anda harus menyediakan ‘ruang’ untuk menikmati musik karena music menawarkan kesenangan dan kegembiraan. (twy)