Home > METRO BERITA > Kontraktor Pengerjaan Jalan Prof Suharso Terancam Blacklist

Kontraktor Pengerjaan Jalan Prof Suharso Terancam Blacklist

METROSEMARANG.COM – Pekerjaan Jalan Prof Suharso di Meteseh, Tembalang, menjadi sorotan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menjelang tutup tahun 2016. Sebab progres kegiatan proyek ini baru mencapai 87 persen.

Wali Kota Hendar Prihadi didampingi pejabat tetkait meninjau Jalan Sampangan – Gunungpati di Trangkil yang sudah selesai dikerjakan kontraktor sesuai kontrak, Kamis (22/12). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Nilai kontrak untuk pekerjaan jalan ini mencapai sebesar Rp 9,77 miliar. Pekerjaannya berupa pembangunan jalan sepanjang 500 meter dan lebar 8 meter. Jalan Prof Suharso ini menjadi salah satu pekerjaan di Dinas Bina Marga yang sampai saat ini belum selesai.

Kepada wartawan saat meninjau lokasi pembangunan jalan, Hendrar Prihadi mengatakan, sesuai kontrak batas selesai pekerjaan pada tanggal 28 Desember nanti. Pihaknya sudah meminta pengawas proyek agar mendorong kontraktor segera melakukan percepatan pembangunan.

”Pekerjaan jalan ini sudah mencapai 87 persen, tapi dari pengawas proyek di sisa waktu yang ada dia optimis selesai 100 persen. Kami berharap memang benar-benar bisa selesai 100 persen,” kata wali kota yang biasa disapa Hendi.

Dia menturkan, kendala yang dihadapi di Jalan Prof Suharso ini adalah pada pelebaran jalan, karena harus melakukan pengeprasan bukit. ”Perlu negosiasi dengan pemilik tanah, tapi akhirnya ada tanah milik pesantren yang bisa digunakan untuk jalan,” katanya.

Dia memastikan, jika pekerjaan ini tidak dapat selesai sesuai batas waktu maka kontraktor akan diblacklist.  Pembayaran juga hanya sesuai volume pekerjaan yang diselesaikan.

Sementara itu, warga Meteseh RT 1 RW 2, Mat Ali mengaku, sangat mengapresiasi perhatian Pemkot Semarang yang memperbaiki Jalan Prof Suharso. Karena sejak lama kondisi jalan ini rusak parah. Selain itu juga tidak ada penerangan lampu yang memadai. Sehingga jika tidak segera tertangani akan rawan terjadi kecelakaan dan kriminalitas.

Sedangkan Kepala Dinas Bina Marga Kota Semarang Iswar Aminudin menyatakan, optimis sisa pekerjaan peningkatan Jalan Prof Suharso yang masih kruang sekitar 150 meter dapat selesai dalam kurun waktu satu minggu. Pihaknya sudah meminta rekanan untuk meningkatkan pekerjaannya karena semua matrial sudah ada di lokasi pengerjaan. (duh)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link