Home > METRO BERITA > Kota Lama Harus Punya Faktor Pembeda

Kota Lama Harus Punya Faktor Pembeda

METROSEMARANG.COM – Kota Lama Semarang yang sedang ditata dan dikembangkan diharapkan nantinya memiliki ciri khas yang menjadi faktor pembeda dibanding kota lama di daerah dan negara lain. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, Jumat (11/11).

Program revitalisasi Kota Lama kembali didengungkan di tahun 2016. Foto: metrosemarang.com/dok
Program revitalisasi Kota Lama kembali didengungkan di tahun 2016. Kawasan ini diharapkan memiliki ciri khas yang bisa menjadi daya tarik wisatawan. Foto: metrosemarang.com/dok

Menurutnya, Kota Lama Semarang harus mempunyai ciri khas dari agenda kegiatannya dan sosial budayanya. Apalagi Kota Semarang memiliki ragam budaya yang bisa ditonjolkan. Namun disarankan, Pemkot Semarang menghidupkan budaya-budaya lokal asli terlebih dahulu.

‘’Budaya-budaya dari luar bisa dikembangkan juga sepanjang bisa diadopsi dan menghidupkan kembali Kota Lama. Sehingga Kota Lama Semarang akan memiliki ciri khas,’’ katanya.

Kota Lama Semarang sudah masuk dalam tentative list world heritage dari Unesco. Sehingga pengembangan Kota Lama dengan ciri yang khas akan dapat mengukuhkan Kota Lama sebagai warisan peradaban dunia. Karena itu, Dewan sangat mendukung penataan Kota Lama ini.

Diharapkan Pemkot Semarang melakukan perbaikan infrastruktur jalan, bangunan, drainase, taman, dan lingkungan di kawasan Kota Lama. Termasuk permasalahan sosial, seperti gelandangan, bangunan liar, PKL liar, dan kekumuhan.

‘’Selain itu, memperbanyak kegiatan-kegiatan bertaraf internasional yang menarik. Sehingga mampu menarik kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara,’’ tandasnya. (duh)