Home > METRO BERITA > KP2KKN Waspadai Potensi Korupsi Pilkada 2015

KP2KKN Waspadai Potensi Korupsi Pilkada 2015

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

SEMARANG – Komite Penyelidikan Pemberantasan Korupsi Kolusi Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah meminta masyarakat untuk mengawal dan mewaspadai proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang terjadi di Jateng sepanjang 2015.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan aktivis KP2KKN Jateng, Eko Haryanto, usai menggelar aksi di Gerbang Gedung Berlian Semarang, Senin (29/12/2014) siang, bersama dengan aktivis anti korupsi lainnya.

“Sepanjang 2015 hampir separuh daerah di Jateng menggelar Pilkada, dan yang harus diwaspadai adanya kemungkinan penggunaan dana anggaran pembangunan daerah yang digunakan para incumbent untuk kampanye dirinya sendiri,” kata Eko.

Dirinya menjelaskan, beberapa alokasi anggaran yang harus diwaspadai di antaranya seperti alokasi anggaran infrastruktur, dana bantuan sosial (bansos), dan dana hibah untuk pembangunan daerah.

“Jangan sampai terjadi ketika para kepala daerah incumbent ini menyerahkan dana anggaran yang memang seharusnya untuk rakyat tersebut, sambil mengutarakan ‘jangan lupa pilih saya’. Ini jelas namanya melanggar dan masuk kategori penyelewengan,” tuturnya.

Selain itu, dirinya menambahkan kalau baik pihak eksekutif ataupun legislatif jangan coba-coba bermain dalam proses pilkada yang akan terjadi besok. Apalagi jika sampai terlibat dalam penggunaan anggaran masyarakat yang diselewengkan menjadi dana kampanye pribadi pencalonan pilkada. (MS-15)