Home > METRO BERITA > KPK Kawal Pengembalian Aset Daop 4 Semarang

KPK Kawal Pengembalian Aset Daop 4 Semarang

METROSEMARANG.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal mengawal pengembalian aset milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang masih banyak diduduki oleh sebagian warga Semarang.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Untuk mewujudkan hal tersebut, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang meneken perjanjian dengan pihak KAI di Stasiun Tawang Semarang, Minggu (27/11).

Ia pun menekankan bahwa kereta api selama ini mampu membangun peradaban manusia. Sehingga, lanjutnya, pengembalian aset milik KAI ini penting dilakukan guna memperbaiki fungsi kereta api sebagai moda transportasi yang dapat dinikmati semua lapisan masyarakat.

“Sebelumnya kita juga kawal pengembalian aset di Yogyakarta, Jakarta, Bandung dan Surabaya,” katanya.

KPK, menurut Saut turut serta mendorong para pegawai KAI agar bertukar ilmu di luar negeri untuk mempelajari kepemilikan aset seperti yang berkembang selama ini.

“Salah satunya bagaimana mengembalikan infrastrukturnya jadi akses menuju Pelabuhan Tanjung Emas. Itu rencana besar yang akan membuat ekonomi daerah tumbuh lebih efisien,” tuturnya.

Sementara Edi Sukmoro Dirut KAI menyambut baik upaya KPK yang turut terlibat dalam upaya pengamanan aset perusahaannya.

Dengan adanya kerjasama dengan lembaga antirasuah, maka ia berharap mampu meningkatkan proyek perluasan stasiun serta aset-aset yang tepat guna bagi masyarakat di Jawa.

“Apalagi, sekarang arus penumpang kereta terus melesat naik. Bahkan, secara nasional telah melonjak 6 persen dari tahun sebelumnya. Bila dua tahun lalu hanya ada¬† 500.000 jiwa sehari, tapi sekarang meningkat jadi 850.000 jiwa sehari,” tandasnya. (far)

Tinggalkan Balasan