Home > METRO BERITA > METRO JATENG > KPU Jateng Temukan 300 Pemilik Suara Ber-KTP Jakarta

KPU Jateng Temukan 300 Pemilik Suara Ber-KTP Jakarta

METROSEMARANG.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah baru-baru ini menemukan ratusan calon pemilih di bursa Pilkada Brebes 2017 telah mempunyai e-KTP di Ibukota Jakarta. Joko Purnomo, Ketua KPU Jateng, menyebut jumlah itu terbilang sangat banyak apabila dibanding bursa Pilkada 2015 lalu.

Ilustrasi
Ilustrasi

“Ada 200-300 calon pemilih yang punya Kartu Keluarga (KK) di Brebes, tapi juga sudah mengantongi e-KTP di Jakarta. Inilah yang berbahaya,” kata Joko kepada metrosemarang.com, Jumat (16/9).

Joko mengendus bahwa hal itu muncul akibat administrasi kependudukannya yang bermasalah. Padahal, sebagai warga negara Indonesia (WNI) yang baik, tiap orang harus memperjelas status kependudukannya.

“(Harus jelas) apakah dia warga Jakarta atau Jateng,” terangnya lagi.

Ia menambahkan saat ini tengah berkoordinasi dengan Dispendukcapil Jateng untuk membenahi permasalahan warga berdomisili ganda tersebut. Pasalnya, kasus tersebut saat ini tengah merebak di beberapa daerah, terutama Kabupaten Brebes yang berada di tapal batas paling barat di Jateng.

“Ini yang harus dibetulkan. Kita sekarang sedang berkoordinasi dengan Dispendukcapil biar status WNI-nya diperjelas. Jangan sampai, ketika jelang pemilu, bingung memilih antara Jakarta sama Jateng,” cetusnya.

Lebih jauh lagi, ia mengungkapkan bila kasus dobel domisili itu kemungkinan dipicu modus perubahan tanggal lahir atau databasenya tidak sinkron.

“Jangan-jangan sudah dirubah tanggal lahirnya atau databasenya. Jika modus itu ketahuan, maka nantinya akan dicoret salah satu domisilinya,” katanya. (far)