Home > METRO BERITA > KPU Kota Semarang Segera Tetapkan Tahapan Pilwalkot

KPU Kota Semarang Segera Tetapkan Tahapan Pilwalkot

image

SEMARANG – Pemilihan umum wali kota – wakil wali kota (Pilwalkot) Semarang tidak lama lagi akan digelar. Jika merunut pada masa jabatan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi akan habis pada 19 Juli 2015 mendatang. Saat ini KPU Kota Semarang tengah menyusun tahapan pilwalkot yang rencananya akan dimulai bulan September mendatang.

‘’Usai Pilpres lalu KPU Kota Semarang bersama KPU kabupaten/kota di Jateng yang akan melaksanakan pilkada 2015 sudah dikumpulkan oleh KPU Jateng,’’ ujar Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono, Kamis (28/8/2014).

Henry Wahyono menambahkan, agenda yang paling dekat dari tahapan Pilwalkot adalah penetapan jumlah penduduk di Kota Semarang. Berapa jumlah penduduk dan yang memiliki hak pilih ini sangat penting untuk proses pemilu.

‘’Ini penting karena untuk menentukan jumlah minimal dukungan bagi calon perseorangan atau jalur non partai politik yang akan maju pada pilwalkot 2015 mendatang,’’ katanya.

Setelah jumlah penduduk ditetapkan maka jumlah pendukung minimal yang harus dipenuhi oleh calon perseorangan atau non partai bisa diketahui. Terkait dengan anggaran Pilwalkot, KPU bersama Badan Kesbangpol Kota Semarang telah melakukan pembahasan.

‘’Anggarannya sudah ada dan masuk dalam anggaran dana cadangan pilwalkot yang telah ditetapkan melalui perda No 13/2012,’’ katanya.   (MS-13)