Home > METRO BERITA > KPU Semarang Siapkan Rumah Pintar Pemilu di 2017

KPU Semarang Siapkan Rumah Pintar Pemilu di 2017

METROSEMARANG.COM – Meski tak ada agenda Pilkada, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan pemilu kepada pihak berkepentingan dan masyarakat. Salah satunya segera akan membuat Rumah Pintar Pemilu.

Sosialisasi Pilwakot Semarang 2015 di CFD Jalan Pahlawan, Minggu (20/9). KPU Semarang berencana membangun Rumah Pintar Pemilu sebagai sarana edukasi politik. Foto: metrosemarang.com/dok

Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono mengatakan, Rumah Pintar Pemilu di salah satu ruang Kantor KPU Kota Semarang akan berisi informasi seputar pilkada. Antara lain seperti data pemilu yang telah dilakukan di Semarang selama ini.

”Berisi data pemilu dari pemilu ke pemilu di Kota Semarang, yang rencananya akan diresmikan pada awal tahun 2017,” kata Henry, saat evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan pemilu 2015 di Gedung Pandanaran, Semarang, Rabu (28/12).

Selain membuat Rumah Pintar Pemilu, dia menambahkan, upaya meningkatkan kualitas pelayanan juga telah dilakukan KPU saat pelaksanaan pilwalkot. Seperti melakukan proses pendokumentasian secara elektronik untuk efektifitas, efesiensi, dan transparansi.

Sedangkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih, telah dilakukan melalui sosialisasi dan pendidikan pemilih yang berkelanjutan bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Semarang.

”Telah melaksanakan perlombaan Pemilos (Pemilihan Ketua OSIS) di 26 sekolah/madrasah di Kota Semarang. Dengan total ada 88 TPS, dengan jumlah pemilih kurang lebih 28.000 calon pemilih pemula, dan telah melatih 922 calon penyelenggara pemilu,” ujarnya. (duh)