Home > METRO BERITA > Kreatif, Siswa SMP 19 Semarang Padukan Tari Tradisional dan Breakdance

Kreatif, Siswa SMP 19 Semarang Padukan Tari Tradisional dan Breakdance

METROSEMARANG.COM – Sekelompok siswa dengan dandanan tradisional, lengkap dengan beskap dan selendang menghentak panggung Wayang for Student yang dihelat di Aula Bulog Divisi Regional Jawa Tengah, Jalan Menteri Supeno No 10 Semarang, Kamis (22/9). Sesekali mereka melakukan gerakan-gerakan cepat mengikuti beat musik yang mengiringi penampilan di atas panggung.

Perpaduan breakdance dan tari tradisional yang dibawakan siswa SMP 19 Semarang. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Perpaduan breakdance dan tari tradisional yang dibawakan siswa SMP 19 Semarang. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Mereka adalah siswa-siswa SMP Negeri 19 Semarang yang sengaja menampilkan koreo baru dengan memadukan tari tradisional dengan gerakan-gerakan tari jalanan atau biasa disebut breakdance. Performa yang ditampilkan remaja-remaja tersebut lumayan sukses memikat pengunjung yang hadir.

“Kami hanya ingin menampilkan sesuatu yang baru. Butuh waktu sekitar dua mingguan untuk berlatih bersama teman-teman,” tutur Ramandika, siswa kelas IX SMP 19 Semarang.

Berbeda dengan Ramandika cs, Priska Wike Wulandari dan delapan temannya memilih tari tradisional dalam penampilannya. “Tari Batik namanya karena pakai canting, juga ada gerakan seperti orang membatik,” terang Priska.

Priska dan kawan-kawan usai menampilkan Tari Batik. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Priska dan kawan-kawan usai menampilkan Tari Batik. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Priska juga tak butuh waktu lama untuk latihan. Menurut dia, justru memersiapkan make up dan kostum yang cukup menyita waktu. “Durasi menari hanya sekitar 5 menit saja, tapi kami harus berdandan sejak jam 5 pagi,” bebernya.

Wayang for Student merupakan event yang digagas oleh Dewan Kesenian Semarang (Dekase) untuk membangkitkan pelestarian wayang di kalangan pelajar. Dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan wayang cinema yang merupakan perpaduan teknologi audio visual dengan seni pertunjukan wayang. (vit)