Home > METRO BERITA > KSOP Perketat Penjagaan Tanjung Emas selama Arus Mudik Lebaran

KSOP Perketat Penjagaan Tanjung Emas selama Arus Mudik Lebaran

METROSEMARANG.COM – Otoritas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mempertebal penjagaan di kawasan dermaga dan terminal kedatangan penumpang untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik Lebaran nanti.

Pemudik mulai memadati Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, Gajah Roseno mengatakan saat ini pihaknya mengerahkan tiga grup personel gabungan untuk mengawal para pemudik yang turun dari kapal.

“Terdapat tiga grup pasukan yang kami kerahkan. Masing-masing ada 10 personel yang memperketat penjagaan di setiap posko Lebaran,” katanya kepada metrosemarang.com, Jumat (17/6).

Pengerahan personelnya juga melibatkan unsur TNI/Polri serta didukung kekuatan penuh dari TNI AL. Ia berharap kesiapsiagaan personelnya mampu menjaga ketertiban para pemudik yang menempuh perjalanan pulang kampungnya dengan aman dan lancar.

KSOP, menurut Gajah saat ini mulai H-10-H-2 Lebaran turut mengamankan perjalanan KM Dobonsoro yang menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Tanjung Emas Semarang.

Kapal tersebut mengangkut 4.000 kendaraan bermotor serta sebanyak 2.000 orang yang ikut mudik gratis bersama Pelindo.

“Kapal Dobonsoro ada empat jadwal perjalanan untuk mendukung program mudik gratis dari Jakarta ke Semarang. Lusa jadi trip perdananya,” terang Gajah.

Setibanya di Kota Lumpia, para pemudik bisa memakai sepeda motornya untuk melanjutkan perjalanan pulang kampung.

Kepala PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas, Agus Heryawan memperkirakan jumlah pemudik yang tiba di Semarang pada musim arus mudik tahun ini naik 3 persen dibanding tahun lalu pada periode yang sama menjadi kisaran 52 ribu-55 ribu tiap hari. “Ya kira-kira ada kenaikan jadi 52 ribu-55 ribu orang,” jelasnya.

Ia mengaku puncak mudik akan terjadi H-2 nanti. Pihaknya sudah mengoperasikan tujuh bus untuk mengakomodir mudik gratis menuju Purworejo, Pati, Pemalang, Yogyakarta dan Solo.

“Tujuh bus ini melayani 49 kali perjalanan ke daerah-daerah tujuan pemudik. Kami mengimbau kepada mereka agar hati-hati menjaga barangnya, jangan sampai tertipu semoga selamat sampai tujuan, nikmatilah perjalanan mudik dengan nyaman,” tandasnya. (far)

Tinggalkan Balasan