Home > METRO BERITA > Kuncen Farm Bubakan Andalkan Kambing Etawa

Kuncen Farm Bubakan Andalkan Kambing Etawa

METROSEMARANG.COM – Kelompok Tani Kuncen Farm di Kampung Kuncen Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, memaksimalkan potensi produksi dari Kambing Etawa. Saat ini sudah ada 300 ekor Kambing Etawa yang mereka manfaatkan, terutama air susunya.

Kambing Etawa yang diternak Kelompok Tani Kuncen Farm di Bubakan Kecamatan Mijen, ini jadi andalan warga setempat, Jumat (10/2). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Kuncen Farm yang berdiri sejak Februari 2015 kini dikelola oleh 24 warga Kampung Kuncen. Mereka mendirikan kandang kambing secara berkelompok maupun individu di rumah masing-masing. Mereka melakukan pembibitan hingga pengolahan susu.

”Kami melakukan pembibitan, penggemukan, dan penjualan susu baik segar maupun hasil olahan,” kata Ketua Kelompok Tani Ternak Kambing Kuncen Farm, Ahmad Zaidi, Jumat (10/2).

Dari keseluruhan jumlah kambing yang diternakan, produksi susu segarnya bisa mencapai 25-30 liter per hari. Biasanya kemudian dijual ke pengepul, seharga Rp 25 ribu per liter. Biasanya susu ini diolah untuk pasteurisasi susu dan bahan kosmetik.

Warga Kuncen lebih memilih beternak Kambing Etawa dibanding sapi, lantaran dari segi modal dan perawatan dinilai lebih murah dan mudah. Dengan modal yang sama, Kambing Etawa bisa lebih banyak menghasilkan susu dibanding sapi.

”Selain mengambil susunya, produk olahan lainnya yang dikelola sendiri yakni pembuatan yoghurt, kefir dan sabun susu,” ujar Zaidi.

Meski pemasaran masih terbatas pada warga sekitar, namun dari produksi susu ini cukup menghasilkan secara ekonomi. Karenanya warga Kampung Kuncen fokus untuk mengembangkan potensi produksi dari Kambing Etawa ini.

”Apalagi, kami juga bisa sering mengikuti lomba antar kelompok tani. Baik secara pribadi maupun mewakili Kota Semarang dan Jawa Tengah. Dan sudah beberapa kali menyabet juara,” katanya. (duh)