Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Ini Kunci Berwirausaha versi Ketua Hipmi Jateng

Ini Kunci Berwirausaha versi Ketua Hipmi Jateng

METROSEMARANG.COM – Berwirausaha sebaiknya dimulai sedini mungkin. Selain masih bisa memperbaiki kegagalan yang mungkin terjadi, usia muda juga masih belum memiliki tanggungan yang besar dibanding orang yang memulai usaha ketika sudah berkeluarga.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Tengah, Reza Tarmizi. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Tengah, Reza Tarmizi. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Hal itu disampaikan oleh Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Tengah, Reza Tarmizi dalam Seminar Mengembangkan Wirausaha Muda yang Inovatif dan Berbasis Digital di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Rabu (30/11). Menurutnya, untuk menjadi wirausahawan, tidak cukup kemauan saja, melainkan dibutuhkan passion dalam menjalankannya.

“Kuncinya bukan sekadar modal saja. Itu nomer sekian. Yang perlu dimiliki oleh wirausahawan muda adalah niat dan kemauan untuk membuka jaringan. Usahakan mulai mencoba berwirausaha sedini mungkin,” kata dia.

Bagi yang berminat mengembangkan bisnis digital, Reza mengatakan agar anak muda tidak mudah putus asa jika tidak bisa langsung menikmati hasil usahanya sesaat setelah merintis. Menurut pengamatannya, banyak pebisnis digital yang bisa menikmati kesuksesannya setelah bertahun-tahun memulai.

“Contoh saja Go-Jek yang baru booming dua atau tiga tahun belakangan. Sebenarnya sang perintis Go-Jek sudah mulai sejak 2001. Jadi tidak bisa instan,” tambahnya.
Dia menyebutkan, Indonesia masih membutuhkan sekitar 1,8 juta wirausahawan lagi untuk mencapai jumlah 2 persen dari total penduduk. Saat ini, tercatat jumlah wirausahawan baru mencapai sekitar 1,6 persen.

Sedikitnya jumlah wirausahawan di Indonesia dikarenakan pola pikir masyarakat yang menganggap bahwa wirausaha merupakan alternatif terakhir ketika tidak bisa meraih pekerjaan sesuai bidang yang digeluti sebelumnya. (ade)

Tinggalkan Balasan