Home > METRO BERITA > Lahan Siap, Relokasi SD Ngaliyan 02 Mulai Ada Titik Terang

Lahan Siap, Relokasi SD Ngaliyan 02 Mulai Ada Titik Terang

METROSEMARANG.COM – Pihak Sekolah Dasar Negeri Ngaliyan 02 yang terkena proyek Tol Semarang-Batang kini bisa bernapas lega setelah mendapat titik terang terkait tempat relokasi. Lahan yang disiapkan sebagai relokasi juga tidak terlalu jauh dari tempat semula.

SD Ngaliyan 02 mulai bakal dipindah akibat terdampak proyek Tol Semarang-Batang. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
SD Ngaliyan 02 mulai bakal dipindah akibat terdampak proyek Tol Semarang-Batang. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Dampak proyek tol Semarang-Batang berimbas pada bangunan sekolah SDN Ngaliyan 02. Bangunan sekolah yang terletak di Raya Klampisan ini terpaksa harus direlokasi. Namun bukan hal mudah untuk mencari lokasi baru bagi sekolah. Tidak adanya lahan milik pemerintah di daerah setempat membuat pihak sekolah harus berupaya mencari lokasi baru.

Kepala SD Ngaliyan 02, Mardiyati bersyukur karena akhirnya bisa mendapatkan tempat relokasi. Meski diakui masih banyak proses yang harus dilalui, setidaknya sudah ada kejelasan di mana anak didiknya bakal melaksanakan proses belajar mengajar.

“Alhamdulillah setidaknya sudah ada titik terang dengan didapatkannya lahan,” beber Mardiyati saat ditemui di ruangnya, Senin (21/11).

Menurut dia, lahan yang akan ditempati SD Ngaliyan 02 tersebut diperoleh dari bantuan paguyuban warga yang juga mengurus lima fasilitas umum terdampak tol. “Paguyuban warga yang mencarikan. Tadi baru saja ke sini, ketua RW, ketua paguyuban dan tokoh masyarakat,” imbuhnya.

Dikatakan Mardiyati, pertemuannya dengan perwakilan paguyuban warga untuk membahas masalah lahan. Selain itu sertifikat lahan juga sudah dibawa untuk ditunjukkan kepada UPTD, kelurahan, serta kecamatan.

Terkait masalah disetujui atau tidak, dirinya mengaku tidak tahu menahu. “Masalah pembangunan dan lain-lain, saya tidak tahu karena nanti bukan pihak sekolah yang ngurus,” jelasnya.

Salah seorang guru setempat, Wijayanti Sri Katon menambahkan, Dinas Pendidikan Kota Semarang memberi deadline sampai Jumat (25/11) kepada pihak sekolah untuk mencari lokasi. “Batas terakhir Jumat dan akhirnya sekarang ada titik terang,” ujar Wijayanti yang turut mendampingi Mardiyati.

Namun, Mardiyati maupun Wijayanti tak mau membeber lokasi baru yang akan ditempati sebelum disetujui dinas terkait. Lokasi lahan yang rencananya dijadikan tempat relokasi berjarak kurang lebih 500 meter dari lokasi sekolah saat ini. “Setidaknya sudah ada lahan masalah lain-lain nanti sudah ada yang ngurus,” tutur Mardiyati. (vit)