Home > METRO BERITA > Lampaui Target, Penerimaan Pajak Pemkot Capai Rp 986 Miliar

Lampaui Target, Penerimaan Pajak Pemkot Capai Rp 986 Miliar

METROSEMARANG.COM – Penerimaan pajak daerah Kota Semarang telah mencapai Rp 986,2 miliar di akhir tahun ini. Melampaui target 2016 yang ditetapkan sebesar Rp 886,9 miliar atau telah mencapai 111 persen.

Kepala Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Semarang, Yudi Mardiana menjelaskan, penerimaan pajak itu diperoleh dari 11 jenis objek pajak daerah yang dikelola. Seperti objek pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan, parkir of street, pajak air tanah, PBB, BPHTB, dan burung walet.

Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti menyerahkan penghargaan kepada wajib pajak berprestasi, Selasa (15/3). Penerimaan pajak Pemkot Semarang di 2016 ini telah melampaui target. Foto: metrosemarang.com/dok

”Dari 11 jenis pajak daerah yang ditargetkan Rp 886,9 miliar, sampai dengan 23 Desember sudah mencapai Rp 986,2 miliar atau over target 11 persen, karena kita lakukan terobosan-terobosan,” kata Yudi, Rabu (28/12).

Di tahun 2017 target penerimaan pajak itu akan naik lebih besar lagi menjadi Rp 1,080 triliun. Karenanya akan melakukan terobosan-terobosan untuk mencapainya. Yakni menerapkan sistem e-Tax atau Pajak Elektronik pada semua pembayaran jenis objek pajak. Sistem aplikasi ini sudah berjalan pada pajak restoran dan hiburan.

”Nantinya tidak usah lagi berbondong-bondong dan antri di kas daerah atau bank untuk membayar pajak, cukup menggunakan palikasi ini. Lebih mudah dan aman,” ujarnya.

Aplikasi e-Tax ini rencananya akan dilaunching pada awal 2017, karena saat ini sistem masih sedang dibangun. Rencananya akan diuji coba pada 10 titik pajak parkir seperti di bandara, Stasiun Poncol dan Tawang, Paragon, dan lainnya.

Sementara untuk penunggak pajak sendiri, diklaim jumlahnya tidak terlalu banyak dan cenderung turun karena kesadaran wajib pajak semakin tinggi. (duh)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link