Home > METRO BERITA > Laporan Kebakaran Kini Lebih Cepat dengan Aplikasi Berbasis Android

Laporan Kebakaran Kini Lebih Cepat dengan Aplikasi Berbasis Android

METROSEMARANG.COM – Petugas pemadam kebakaran dinilai terlambat merespon ketika ada laporan kebakaran. Atas keluhan masyarakat itu, Dinas Kebakaran Kota Semarang akan menerapkan aplikasi pengaduan baru berbasis android di telepon seluler.

Ilustrasi  Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

Pengaduan kebakaran melalui call center nomer darurat selama ini diakui sering telat menerima informasi dari masyarakat, sehingga kejadian kebakaran tidak secepatnya tertangani. Dengan aplikasi baru ini diharapkan masalah itu teratasi.

”Nama aplikasinya Siaga Damkar berbasis android, saat ini sudah bisa didownload dari play store di smartphone,” kata Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Kebakaran Kota Semarang, Daniel Sandafu, Jumat (18/11).

Aplikasi ini sudah bersisi konten edukasi tentang kebakaran. Ke depan akan disempurnakan sehingga masyarakat bisa memberi informasi kebakaran dengan lebih responsif. Sehingga petugas damkar pun bisa secepatnya menangani.

”Begitu laporan masuk, langsung diterima oleh Dinas Kebakaran. Posisi pelapor juga langsung diketahui karena sistem baru ini sudah menggunakan Global Positioning System (GPS),” jelasnya.

Terobosan dalam pengaduan kebakaran ini, didukung oleh Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang, Dyah Ratna Harimurti. Dia menilai rencana itu baik sekali apalagi sekarang semua pelayanan pubik memang sudah seharusnya berbasis online.

”Kami berharap rencana ini segera diwujudkan agar kejadian kebakaran semakin mudah dan cepat teratasi,” katanya. (duh)