Home > METRO BERITA > Latih Kemandirian, Siswa SD Kanisius Pekunden Diajari Membatik

Latih Kemandirian, Siswa SD Kanisius Pekunden Diajari Membatik

METROSEMARANG.COM – Kamis (11/9) pagi suasana SD Kanisius Pekunden Semarang Tengah tampak ramai. Usut punya usut ternyata siswa kelas 3 hingga 6 SD ini tengah mengikuti pelatihan membatik yang digagas oleh Asosiasi Manajemen (Ama) Indonesia.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Wahyu Lestari, koordinator kegiatan menyebutkan bahwa pelatihan membatik ini adalah salah satu dari sekian banyak kegiatan yang diprakarasai Ama Indonesia untuk SD Kanisius Pekunden.

Kegiatan bertajuk ‘Bedah Sekolah’ ini berlangsung selama lima hari sejak Senin (8/8) lalu hingga Jumat (12/8). Selain membatik siswa SD Kanisius Pekunden juga diajari menanam secara hidroponik, pengelolan sampah, hingga handycraft.

“Harapannya para siswa ini bisa memiliki keterampilan yang bisa menghasilkan nilai ekonomi untuk mereka,” ungkap Wahyu Lestari kepada¬†metrosemarang.com di sela-sela pelatihan membatik.

Teknik membatik yang diajarkan adalah teknik dasar. Di mana siswa diberi kain mori berukuran 30×30 sentimeter untuk menggambar pola sederhana sesuai kemampuan siswa.

“Yang paling dasar, nanti setelah pola baru pake canting lalu pewarnaannya pake teknik mencolet agar lebih mudah,” imbuhnya.

Tak hanya pelatihan bagi siswa saja, guru-guru pun diberikan pelatihan kepemimpinan. Kegiatan bedah sekolah ini rencana akan rutin dilakukan secara berkelanjutan.¬†“Kawasan sini padat penduduk, juga siswanya adalah siswa dari kalangan orang-orang yang termarjinalkan. Jadi kami ingin agar sekolah ini bisa menjadi lebih baik,” ujar Wahyu. (vit)