Latihan Tubing, Tiga Orang Hanyut Ditelan Sungai Kalisono

METROSEMARANG.COM – Regu penyelamat Basarnas gabungan sedang menyusuri Sungai Kalisono, Magelang untuk melacak keberadaan dua orang yang dilaporkan hanyut saat bermain tubing di sungai tersebut pada Kamis (2/3) pukul 17.00 WIB kemarin. Keduanya diketahui bernama Azis Muslim (20) dan Syamsul Ma’arif (30).

Pencarian korban hanyut di Sungai Kalisono, Jumat (3/3). Foto: metrosemarang.com/istimewa

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, terdapat 200 personel gabungan ditambah bala pasukan dari TNI, Polri, BPBD Magelang serta PMI dan Tagana sejak pagi tadi dikerahkan ke lokasi kejadian.

Komandan Basarnas Jateng yang sedang di Sungai Kalisono, Budi Resti mengatakan regu penyelamat menyebar di semua sudut sungai dengan naik 11 perahu rafting untuk menjelajahi bibir sungai agar tubuh korban segera ditemukan.

Proses penyisiran terbagi beberapa titik mulai spot Bendolan Asem hingga Canguk, lalu menyusuri  Canguk hingga Blondo dan dilanjutkan ke titik ketiga di Mendut.

Ia mengatakan sebenarnya ada lima remaja yang berlatih river tubing atau meluncur bebas dengan menggunakan ban dalam mobil di Sungai Kalisono.

Tetapi, kelimanya diterjang arus deras saat bermain tubing. Akibatnya, dua orang selamat, seorang lagi ditemukan tewas sedangkan dua orang lainnya hilang.

“Sebelumnya satu korban atas nama Agus Setiawan, berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dan sudah hanyut sejauh 2,5 kilometer dari lokasi kejadian,” katanya, Jumat (3/3).

Saat kejadian, lokasi dilanda cuaca buruk dan hujan lebat. Kepala Basarnas Jateng, Agus Haryono membenarkan ihwal kecelakaan air di lokasi tersebut.

“Sampai siang ini masih dilacak dan semoga saja segera ditemukan,” tutupnya. (far)