Home > METRO BERITA > Lawan Kekerasan terhadap Anak, Jurnalis Perempuan Jateng Berdandan ala Anak SD

Lawan Kekerasan terhadap Anak, Jurnalis Perempuan Jateng Berdandan ala Anak SD

METROSEMARANG.COM – Jaringan Jurnalis Perempuan (JPP) Jawa Tengah menggelar aksi damai dalam rangka memperingati hari anak. Aksi itu dilakukan di sekitar Tugu Tunas Pahlawan, Jalan Pahlawan Kota Semarang, Jumat (22/7) pagi dengan mengenakan seragam sekolah, mulai dari SD hingga SMP.

Jaringan Jurnalis Perempuan (JPP) Jawa Tengah menggelar aksi di Jalan Pahlawan Kota Semarang, Jumat (22/7). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Jaringan Jurnalis Perempuan (JPP) Jawa Tengah menggelar aksi di Jalan Pahlawan Kota Semarang, Jumat (22/7). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Dalam aksi tersebut, juga diperagakan teaterikal berupa ‘Sekolah Alam dengan konsep ‘Anak Indonesia Harus Bahagia’. Ketua JPP Jateng, Rita Hidayati mengatakan, tema aksi yaitu ‘Akhiri Kekerasan pada Anak’ diambil karena di Jateng masih terdapat kekerasan terhadap anak dengan angka cukup tinggi.

“Data terakhir yang kami ambil dari  Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Jateng, hingga semester satu memasuki semseter dua ini, sudah ada 566 anak yang mengalami kekerasan di Jateng. Itu untuk usia 0-17 tahun. Sangat memprihatinkan,” terang Rita, Jumat (22/7) di sela-sela aksi.

Rita menyebut, masih ada kasus kekerasan seksual pada anak yang sangat lambat ditangani Kepolisian. Kasus tersebut menimpa RZ (12), warga  Banyumanik yang diperkosa tetangganya sendiri yang sudah satu tahun tidak mendapati proses hukum yang jelas.

“Saat itu kami konfirmasi ke penyidik di Polrestabes kasus belum bisa disidangkan karena tidak ada saksi. Kami menyayangkan itu,” tegasnya. (ade)