Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Lawan Mahesa Jenar, PSPS Enggan Umbar Serangan

Lawan Mahesa Jenar, PSPS Enggan Umbar Serangan

METROSEMARANG.COM – Asisten Manajer PSPS Pekanbaru, Dian Eka Putra mengakui jika PSIS akan menjadi ujian berat bagi timnya. Firman Septian dkk disebutnya sudah siap meredam agresivitas tuan rumah dan tak akan meladeni dengan permainan terbuka.

PSPS Pekanbaru akan memerketat pertahanan demi memenuhi target poin di kandang PSIS. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
PSPS Pekanbaru akan memerketat pertahanan demi memenuhi target poin di kandang PSIS. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

PSPS bakal menantang PSIS di Stadion Jatidiri, Minggu (30/10) sore pada laga perdana putaran kedua babak 16 besar Indonesia Soccer Championship (ISC) B. Meski menang pada pertemuan pertama di Pekanbaru, Dian Eka tetap menganggap Mahesa Jenar punya kualitas di atas timnya.

“Saat pertemuan pertama, PSIS sedikit kesulitan karena harus beradaptasi dengan cuaca panas yang mencapai 38 derajat celcius. Tapi, secara kualitas permainan dan materi pemain, mereka ada di atas kami,” kata dia usai mendampingi timnya melakukan ujicoba lapangan, Sabtu (29/10) sore.

Dengan perbandingan kekuatan kedua tim, PSPS tak akan memaksakan untuk meladeni permainan terbuka tuan rumah. “Kami akan coba bertahan sebaik mungkin dan menunggu kesempatan melakukan serangan balik,” tukasnya.

Pada sesi latihan sore tadi, pelatih kepala Philep Hansen Maramis absen mendampingi timnya. Di bawah komando asisten pelatih, Supendri, penggawa Askar Bertuah fokus berlatih organisasi pertahanan.

M Fahri bakal diplot sebagai sentral permainan PSPS. Setelah timnya berhasil mematahkan serangan lawan, pencetak dua gol ke gawang PSIS itu bertugas untuk mengalirkan bola ke sisi sayap, dengan mengandalkan kecepatan Firman Septian.

Namun, Dian Eka juga mewaspadai faktor non-teknis yang bisa merusak konsentrasi pasukannya. “Kami mencoba memutus serangan lawan sebelum masuk area 16 meter. Jangan sampai terjadi penalti ‘siluman’ gara-gara pelanggaran yang tidak perlu,” cetusnya.

PSPS pun tak pasang target tinggi dalam lawatan ke Semarang. Firman Septian dkk ditarget bisa mencuri satu angka untuk menjaga kans lolos ke babak 8 besar, mengingat persaingan di Grup D semakin ketat.

Pada pertandingan lainnya yang berlangsung hari ini, Persekap Pasuruan sukses membungkam tamunya, PSGC Ciamis dengan skor 1-0. Hasil tersebut menempatkan anak asuh Aris Budi Prasetyo di puncak klasemen dengan koleksi enam poin dan unggul satu angka dari PSGC yang menghuni peringkat kedua.

Sementara, PSPS dan PSIS yang baru melakoni tiga pertandingan berada di tangga ketiga dan keempat. Keduanya sama-sama mengumpulkan empat poin. Pemenang laga PSIS versus PSPS dipastikan akan memuncaki Grup D. (twy)