Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Lawan PSM, Vava Siapkan Perubahan Starting XI

Lawan PSM, Vava Siapkan Perubahan Starting XI

METROSEMARANG.COM – Bhayangkara FC membidik kemenangan perdana di babak 8 besar Indonesia Soccer Championship (ISC) U-21 saat meladeni PSM Makassar, Minggu (4/12) malam. Pelatih Nova Arianto menjanjikan timnya bakal tampil ofensif dengan melakukan perubahan di starting XI.

TM Ichsan (depan) akan menjadi motor serangan Bhayangkara U-21. Foto: metrosemarang.com/dok isc
TM Ichsan (depan) akan menjadi motor serangan Bhayangkara U-21. Foto: metrosemarang.com/dok isc

Bhayangkara Muda gagal mengamankan tiga angka saat menghadapi Persela Lamongan di laga pembuka, Jumat (2/12) kemarin. Kemenangan yang sudah di depan mata buyar setelah Firman Ayyubi mencetak gol, empat menit sebelum laga tuntas, sekaligus memaksakan skor imbang 2-2.

Nova mengakui, hasil tersebut cukup mengecewakan. Namun, dia memuji permainan TM Ichsan cs yang mulai menemukan jati diri mereka.

Menurut dia, sejak dirinya memegang kendali tim sekitar tiga bulan silam, skuat Bhayangkara Muda terus menunjukkan progres yang cukup oke. Karakter tim juga semakin kuat.

“Puji tuhan, setelah tiga bulan bersama, tim ini sudah semakin matang. Saya selalu tekankan bahwa sepakbola itu sebuah seni, tidak asal tendang dan bikin gol. Tapi ada proses untuk meraih kemenangan dan anak-anak sudah bisa semakin mengerti keinginan saya,” kata Nova, Sabtu (3/12).

Pelatih yang akrab disapa Vava ini menginginkan anak buahnya bisa membangun serangan secara rapi. Dia selalu menekankan pemainnya agar bermain lebih sabar dengan mengalirkan bola-bola pendek dari tiap blok permainan.

Fighting spirit tim muda milik Polri ini juga cukup teruji. Hal itu terlihat pada laga melawan Persela. Meski sempat tertinggal, mental anak asuh Vava tidak goyah dan kemudian berbalik unggul, meski akhirnya harus puas dengan hasil seri.

“Konsentrasi di awal dan akhir pertandingan yang masih harus ditingkatkan lagi. Melawan PSM, kemungkinan saya akan melakukan perubahan di starting XI,” tandasnya.

Vava pun memberi perhatian ekstra kepada duet striker Juku Eja Muda, Irfan Jaya dan Kahar. Dua pemain ini punya kecepatan dan finishing cukup prima yang berpotensi merepotkan pemain-pemain bertahan Bhayangkara.

“Dua pemain itu memang sangat menonjol. Tapi, pemain kami tak boleh hanya fokus pada mereka,” imbuh pelatih 38 tahun tersebut.

Matchday 2 babak 8 besar ISC U-21 Grup Y bakal digelar di Stadion Gelora Bumi Kartini, Minggu (4/12). Pada laga pertama, Pusamania Borneo FC akan bertemu Persela dan dilanjutkan dengan duel Bhayangkara versus PSM. Keempat tim baru mengoleksi satu angka usai sama-sama bermain imbang 2-2. (twy)