Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Lawan PSS jadi Ujian Konsistensi Mahesa Jenar

Lawan PSS jadi Ujian Konsistensi Mahesa Jenar

METROSEMARANG.COM – PSIS belum juga menemukan ritme terbaik hingga menjelang berakhirnya paruh pertama putaran grup Liga 2. Ujicoba melawan PSS Sleman bakal menjadi gambaran nyata untuk menguji konsistensi skuad racikan Subangkit.

PSIS dituntut tampil konsisten di kandang PSS Sleman, Sabtu (10/6). Foto: metrosemarang.com

Mahesa Jenar akan melakoni pertandingan ujicoba kedua di bulan Puasa dengan meladeni tuan rumah PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (10/6) malam. Meski masih menyisakan satu sparring lagi melawan PSIM Yogyakarta, duel kontra Laskar Super Elang Jawa tersebut sekaligus sebagai simulasi pertandingan untuk menghadapi Persis Solo di kompetisi resmi.

Komposisi pemain yang disiapkan Subangkit juga tak akan jauh beda saat PSIS mengalahkan Persijap Jepara, akhir pekan kemarin. Pelatih asal Pasuruan itu bakal menyimpan M Yunus yang dipastikan absen kala timnya tandang ke Solo dalam lanjutan Liga 2, awal bulan depan.

Namun, Subangkit menginstruksikan pemainnya lebih berani saat merancang serangan dari lini belakang. Kelemahan itu menjadi evaluasi pasca laga ujicoba lawan Persijap.

Menurutnya Haudi Abdillah dkk kerap kehilangan fokus saat lawan melakukan pressure ketat, sehingga alur serangan menjadi tersendat. Situasi serupa juga terjadi ketika PSIS mengalahkan PPSM Magelang.

“Tekanan di pertandingan besok tentunya akan lebih berat. Pemain harus bisa mengatasi tekanan itu dan lebih berani memainkan bola sekalipun mendapat pressure lawan,” kata dia, Jumat (9/6).

Eks pembesut Mitra Kukar ini meminta anak asuhnya mampu menjaga konsistensi selama 90 menit. Masalahnya, penggawa Mahesa Jenar baru bisa ‘meledak’ selepas pergantian babak.

“Ujicoba ini cukup bagus untuk membiasakan pemain menghadapi tekanan di kandang lawan, karena situasi yang sama kemungkinan juga akan terjadi saat kami away ke Solo,” paparnya.

Untuk menutup absennya Yunus, pelatih 57 tahun itu sudah menyiapkan sejumlah alternatif. Pada persiapan terakhir, Ruud Gullid dan Ahmad Agung diplot sebagai gelandang bertahan, dengan posisi second striker diisi Ilham Arfil dalam skema 4-2-3-1. Komposisi tersebut juga sudah pernah dicoba saat PSIS menundukkan Persijap.

Setelah meladeni PSS, PSIS masih akan melakoni ujicoba terakhir lawan PSIM Yogyakarta di Stadion Jatidiri pada 17 Juni. Selanjutnya, Tim Ibukota Jateng akan kembali memulai kompetisi dengan melawat ke Stadion Manahan Solo pada 6 Juli mendatang. (twy)

Prakiraan Pemain

PSIS 4-2-3-1: Aji Bayu — Safrudin Tahar, Rio Saputro, Haudi Abdillah, Taufik Hidayat; Ahmad Agung, Ruud Gullid; M Ridwan, Ilham Arfil, Hari Nur; Erik Dwi

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link