Home > METRO BERITA > METRO GAYA > LDR? Ini Tipsnya Agar Tidak Diganggu ‘Setan’ dan Mantan

LDR? Ini Tipsnya Agar Tidak Diganggu ‘Setan’ dan Mantan

ilustrasi (foto: www.huffingtonpost.com)
ilustrasi (foto: www.huffingtonpost.com)

LDR atau Long Distance Relationship adalah sebuah hubungan jarak jauh. Tidak hanya dengan pacar tapi bisa juga dengan istri atau sahabat. Jika LDR dilakukan dua sahabat, tentu tidak menjadi masalah. Namun jika ‘pelaku’ LDR adalah pasangan suami istri atau kekasih tentu sangat rentan terhadap godaan dan hal negatif lain.

Tips berikut mungkin akan dapat membantu anda menghadapi LDR dengan suka cita sekaligus menghindari godaan dari orang-orang sekitar.

1. Harus dipahami, apakah LDR yang dilakukan adalah imbas aktivitas atau lahir dari sebuah pilihan.

Jika imbas dari aktivitas, seperti karena pekerjaan atau karier, harus ada kebesaran hati untuk menerimanya. Tapi jika merupakan pilihan, ada baiknya direnungkan lagi untuk menjalani LDR ini. Pilihan di sini dapat diartikan bahwa kekasih yang dipilih, berada di lain daerah, luar kota atau dalam kata lain tidak berdekatan. Selama bisa memilih yang lebih dekat, kenapa enggak?!

2. Berbesar hati jika pasangan terpaksa melakukan LDR karena tuntutan profesi atau karier, adalah langkah berikutnya.

Memang berat jika cinta dipisahkan oleh karier dan pekerjaan. Namun demi masa depan, tidak ada salahnya kita merelakan si dia jauh.

3. Tingkatkan komunikasi.

Komunikasi dengan pasangan yang sedang jauh, menjadi kunci utama menjalani hubungan LDR. Banyaknya aplikasi social media, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan intensitas komunikasi. Ingat, bukan frekuensi yang harus ditingkatkan namun lebih pada kualitas dari komunikasi itu sendiri. Terlalu sering menelpon untuk menanyakan kabar justru akan membuat si dia jenuh dan merasa terbatasi.

4. Batasi penggunaan sosmed yang berlebihan.

Penggunaan aplikasi sosmed yang berlebih bukan tidak mungkin akan memancing orang lain untuk memanfaatkan ke-LDR-an. Demi menghindari godaan dari orang lain, cobalah lebih bijak memanfaatkan aplikasi ini. Batasi juga penggunaan sosmed untuk hal-hal yang bersifat intim dan sangat pribadi. Pastikan juga lokasi paling aman untuk melakukan hal-hal yang sangat pribadi tersebut.

5. Perbanyak aktivitas positif bersama rekan dan sahabat.

Aktivitas dan kegiatan bersama teman akan membuat kita mampu melupakan segala kegalauan tentang pasangan yang jauh. Bersyukurlah jika anda termasuk yang memiliki banyak rekan. Menghabiskan waktu bersama mereka, tentu akan lebih menyenangkan daripada meratapi kegalauan.

 6. Jauh-jauh dari mantan

Seorang mantan selalu memiliki kenangan, baik yang baik maupun buruk. Kondisi LDR dengan pasangan, tidak jarang akan dimanfaatkan mantan untuk kembali masuk dalan sendi kehidupan kita. Jika memang kita fokus pada masa depan, tak ada salahnya menjauh dari mantan.

 7. Perbanyak doa dan mendekatkan diri kepada Tuhan

Meski terdengar klise dan simpel, namun mendekatkan diri kepada Sang Pencipta akan menjauhkan kita dari godaan. Dengan semakin memperbanyak amal ibadah, percayalah bahwa godaan yang datang dari setan maupun mantan, tak akan mendekat.

(Gus Wahid)

Simak tips cinta lainnya melalui akun twitter @cintadanromansa.