Libur Lebaran, Pelayanan Publik Tetap Buka

image
Ilustrasi PNS

SEMARANG – Menyambut hari raya Idul Fitri, pegawai di lingkungan Pemkot Semarang akan melakukan libur panjang. Para pegawai baru akan aktif bekerja kembali pada 4 Agustus mendatang. Tapi selama libur Lebaran tersebut pelayanan publik tetap akan dibuka.

Bekaitan dengan libur panjang ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Adi Trihananto, telah mengeluarkan surat kepada dinas-dinas tertentu untuk tetap menyelenggarakan pelayanan publik. Instansi yang diminta tetap melayani publik itu antara lain Dinas Kebakaran, Dishubkominfo, Dinas Kesehatan, Dinas Kebersihan, Dinas PJPR, Dispenduk Capil, DTKP dan Satpol PP-Linmas.

Pada intinya, Sekda meminta agar dinas-dinas tersebut mengatur penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat pada saat libur Lebaran nanti. Hal itu bisa dilaksanakan melalui mekanisme piket dan pengaturan jam layanan. ‘’Shingga masyarakat yang membutuhkan bisa dilayani,’’ katanya, Jumat (25/7/2014).

Pelayanan selama libur Lebaran oleh masing-masing dinas tersebut, adalah Dispenduk Capil untuk pelayanan Administrasi Kependudukan (KTP, KK, Surat Pindah)  dan Akta Pencatatan Sipil. Pelayanan ini dilakukan padatanggal 30-31 Juli dan 1 Agustus mulai pukul 08.00 – 13.00 di kantor Dispendukcapil di Jalan Kangguru Raya No 3 Semarang.

Kemudian DTKP terutama Bidang Pemakaman, selama libur Lebaran masyarakat yang memerlukan info layanan pemakaman dapat menghubungi Posko DTKP di Telp 3556435 pukul 08.00 sd 13.00. Selain itu  masing-masing UPTD Pemakaman Wilayah I sampai IV mengadakan piket standby melayani masyarakat yang membutuhkan.
Untuk menjaga penerangan jalan umum agar tetap berfungsi secara optimal, maka Dinas PJPR juga harus menggelar posko Penerangan Jalan.

‘’Bagi masyarakat yang menjumpai lampu penerangan jalan yang mati atau gangguan silahkan menghubungi  Posko PJU via telp 3513366 pesawat 1347 dan 3583892,’’ terangnya.
Ada dua shift piket pagi pukul 08.00-15.00 malam 17.00 – 22.00. Dinas PJPR melaksanakan piket Lebaran sejak tanggal 26 – 31 Juli dan 1- 2 Agustus. (MS-13)

Post Author: