Home > METRO BERITA > Libur Natal & Tahun Baru, 10% ‘Mbak-mbak’ SK Serempak Mudik

Libur Natal & Tahun Baru, 10% ‘Mbak-mbak’ SK Serempak Mudik

Penghuni Lokalisasi Sunan Kuning saat dilakukan pendataan. Foto Metrosemarang
Penghuni Lokalisasi Sunan Kuning saat dilakukan pendataan. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Puluhan Pekerja Seks Komersial (PSK) penghuni komplek lokalisasi Sunan Kuning, dipastikan mudik menjelang akhir tahun 2014 ini.

Ketua Resosialisasi Argorejo di Sunan Kuning Semarang, Suwandi, mengatakan, ada sebanyak 10 persen dari jumlah total 500 PSK akan pulang kampung mulai 24 Desember 2014 hingga 10 Januari 2015 mendatang.

“Biasanya mereka pulang kampung ke rumahnya di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Ya, sekedar merayakan malam Natal dan Tahun Baru bersama keluarganya,” tuturnya, Jumat (21/11).

Dengan berkurangnya jumlah PSK tersebut, aktivitas tamu yang datang ke wisma-wisma resos bisa dipastikan akan berkurang.

Di sisi lain, Kepala Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga (Dinsospora) Semarang, Gurun Risyadmoko menjelaskan, menjelang tutup tahun pihaknya semakin memperketat tes kesehatan bagi wanita tuna susila yang bermukim di SK. “Sebulan terakhir, ada 460 PSK yang ikut tes kesehatan didampingi oleh pengelola resos dan tim medis dari Puskesmas dan rumah sakit. Kami selalu menghimbau, kepada penghuni resos agar rutin mengecek kesehatannya seminggu sekali,” tandasnya. (Yas)