Home > METRO BERITA > Liburan Natal, 9.300 Turis Kunjungi Lawang Sewu

Liburan Natal, 9.300 Turis Kunjungi Lawang Sewu

Kunjungan wisatawan di Lawang Sewu mencapai 9.300 dalam sehari pada libur Natal 2015. Foto: metrosemarang.com/dok
Kunjungan wisatawan di Lawang Sewu mencapai 9.300 dalam sehari pada libur Natal 2015. Foto: metrosemarang.com/dok

METROSEMARANG.COM – Memasuki musim liburan Natal, sebanyak 9.300 wisatawan mengunjungi Lawang Sewu. Jumlah pengunjung gedung perkeretaapian tertua di Jawa Tengah itu melesat naik hingga 20 persen dari kondisi normal.

Manager Heritage PT KAI Sapto Hartoyo, mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan paling banyak terjadi pada Jumat kemarin. “Jumlahnya sampai 9.300 wisatawan dalam sehari,” kata Sapto saat kepada metrosemarang.com, Sabtu (26/12).

Ia mengungkapkan jumlah turis sebanyak itu mengalami lonjakan sebesar 20 persen dibandingkan tahun lalu. Ia mengaku adanya lonjakan ini tak hanya menguntungkan pengelola gedung saja, tapi warga sekitar yang berjualan minuman dan suvenir di sekitar Lawang Sewu pun menangguk keuntungan belipat.

“Parkiran juga membeludak sampai-sampai tidak ada ruang khusus dan meluber di ruas jalan raya. Di Museum Mandala Bhakti penuh kendaraan pengunjung Lawang Sewu,” sambungnya.

Ia menegaskan selama libur Natal harga tiket masuk Lawang Sewu tidak mengalami kenaikan. Harganya selembar tetap Rp 10 ribu untuk dewasa dan Rp 5 ribu khusus anak-anak.

Para wisatawan yang berwisata ke Lawang Sewu tadi terbanyak dari Jakarta dan Jawa Barat. “Dan puncak kunjungan diperkirakan akan terjadi pada Minggu besok,” tutupnya. (far)