Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Liburan Sekolah, Pelajar SD Pilih Ikut Kontes Robot

Liburan Sekolah, Pelajar SD Pilih Ikut Kontes Robot

METROSEMARANG.COM – Moza Kinarya Aryun Prartyasta tampak serius mendengarkan paparan panitia kontes robot di Aula Gedung Albertus Unika Soegijapranata Semarang, Kamis pagi (18/5).

Kontes robot di Unika Soegijapranata, Kamis (18/5). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Dengan ditemani ibundanya, Moza mengatakan datang jauh-jauh dari Solo agar bisa ikut kontes robot sumo.

“Sama bunda datang kemari. Ya saya penasaran saja pengin nyobain bagaimana sih ikut lomba robot, kayaknya seru,” kata bocah bertubuh tambun tersebut kepada metrosemarang.com.

Ia yang masih duduk di bangku kelas V SDN Kristen Manahan lebih suka mengisi waktu liburannya dengan ikut kontes robot. Ini pengalamannya yang pertama kali. Sebab, selama ini ia hanya sekedar suka mengoleksi robot-robot di rumahnya.

“Suka sama robot. Mumpung sekarang lagi liburan sekalian aja ikut lombanya,” akunya yang ikut lomba robot sumo antar pelajar SD.

Lain halnya dengan Albertus Bimo. Ia justru telah melakukan persiapan yang matang agar mampu menyabet juara umum. “Dulu sempat ikut di Polines tapi karena persiapannya kurang, jadinya kalah. Kalau sekarang saya yakin menang lah, sudah punya banyak strategi,” ungkap siswa SMPN 18 Semarang tersebut.

Opstimismenya tersebut cukup beralasan, mengingat selama sekolah ia kerap dilatih merakit sekaligus menyeting robot. “Makanya saya sudah biasa mengoperasikan robot-robot lomba,” bebernya.

Hari ini ia ikut lomba line follower. Pesertanya ada puluhan pelajar terbagi dalam kelompok maupun perorangan. “Mudah-mudahan dapat yang terbaik,” katanya.

M Yusra Abdul, siswa SMKN 2 Salatiga pun menginginkan hal serupa. Sekolahannya merupakan juara bertahan di ajang serupa yang digelar di UKSW Salatiga tahun lalu.

Karenanya, ia membawa beberapa temannya untuk ikut lomba per kelompok. “Tiga kategori kita dapat juara semua. Sekarang kita bawa lagi dua kelompok. Pasti menang,” tuturnya.

Leonardus Herupratomo, Ketua Panitia dari Jurusan Teknik Elektro Unika Soegijapranata mengatakan kampusnya ingin secara kontinyu memperkenalkan teknologi robotik kepada para pelajar agar ketika kuliah nanti mereka mau menekuni ilmu teknik elektro.

“Kita coba kenalkan lewat sebuah acara yang menyenangkan. Ini adalah acara paling pas buat mereka. Sambil ikut lomba, kita beri pemahaman kepada mereka bahwa kemampuan merakit robot bisa dipakai untuk bekerja di bidang teknologi industri,” katanya.

Unika merupakan salah satu gudangnya mahasiswa yang ahli robot. Mahasiswanya kini bekerjasama mengembangkan teknologi energi terbarukan dengan PLN, pembuatan transportasi massal bersama PT KAI serta menggelar joint project dengan PT Astra Motor untuk proyek motor listrik. (far)