Home > METRO BERITA > Sosialita > Lilis Suryani: Berkah Kena PHK

Lilis Suryani: Berkah Kena PHK

Lilis Suryani menunjukkan roti kering hasil kreasinya. Foto Metrosemarang/Achmad Nurseha
Lilis Suryani menunjukkan roti kering hasil kreasinya. Foto Metrosemarang/Achmad Nurseha

DIPECAT dari pekerjaan menjadi pengalaman menyesakkan buat Lilis Suryani. Tapi, peristiwa di tahun 1998 itu justru merupakan titik balik dalam karirnya, hingga akhirnya cukup sukses menjalankan bisnis roti kering.

Wanita kelahiran Semarang, 48 tahun silam tersebut mengaku sempat syok saat di-PHK dari Pusat Koperasi Unit Desa (Puskad) tempatnya mencari nafkah saat itu. Di tengah kegalauan hatinya, Lis—begitu dia disapa—mencoba merintis wirausaha dengan memproduksi roti kering.

“Awalnya serba minimalis. Pertama kali mulai, modalnya cuma 1 kilogram tepung untuk bikin roti stick dan pangsit,” ceritanya saat berbincang dengan metrosemarang.com, di rumahnya Jalan Abimanyu 1 No 36 Semarang, Kamis (11/12).

Dasar Lis memang hobi kuliner, dengan modal yang minim tersebut, dia mampu mengembangkan bisnis rumahannya hingga makin dikenal banyak orang. Bahkan, ibu dua anak itu juga pernah menyabet gelar juara 1 lomba kuliner roti kering se-Kota Semarang pada tahun 2003.

Jika dulu hanya modal 1 kilogram tepung, kini Mbak Lis butuh puluhan kilo tepung untuk memproduksi delapan jenis roti kering dalam sehari. Dia juga bergabung dengan paguyuban Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai penunjang usaha roti keringnya agar semakin maju.

“Kalau dulu saya harus diberhentikan dari pekerjaan, sekarang sudah bisa membuka lapangan kerja buat orang lain. Semua hanya butuh keuletan dan ketekunan,” tutur istri dari Suharto ini. (dns)