Home > METRO BERITA > Lima Pilot Jalani Tes Alkohol di Bandara Ahmad Yani

Lima Pilot Jalani Tes Alkohol di Bandara Ahmad Yani

METROSEMARANG.COM – Untuk mencegah kasus pilot Citilink, Tekad Purna yang diduga mabuk terulang, pihak Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang menggelar tes kesehatan secara menyeluruh bagi puluhan kru pesawat.

Salah seorang kru pesawat menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum terbang di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jumat (6/1). Foto: istimewa

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Priyo Jatmiko mengatakan ada 32 kru pesawat dari lima maskapai yang diperiksa hari ini, Jumat (6/1).

“Mereka diperiksa pukul 04.00 WIB atau sebelum menerbangkan pesawatnya dari Bandara Ahmad Yani,” kata Priyo.

Ke-32 kru pesawat meliputi lima pilot, lima copilot, dan sisanya pramugari. Kru pesawat itu berasal dari Batik Air, dua Wings Air, Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia.

Cek alkohol itu, menurutnya sesuai perintah Menteri Perhubungan Budi Karya yang meminta semua kru dicek ulang kesehatannya setelah kejadian pilot Tekad Purna diduga mabuk saat hendak menerbangkan Citilink dari Surabaya.

Perintah itu juga tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 8 Tahun 2015 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 67 tentang Standar Kesehatan dan Sertifikasi Personil Penerbangan.

“Kami dengan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan akhirnya mengadakan pemeriksaan kesehatan aircrew yang akan berangkat dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang,” lanjut Priyo.

Ada tujuh petugas KKP yang memeriksa kesehatan para pilot pesawat tadi pagi. Hasilnya nihil. “Tidak ditemukan zat berbahaya dan alkohol pada tubuh para kru yang hendak terbang tadi pagi,” tambah Hidya Putri, Humas Bandara Internasional Ahmad Yani.

Pihak KKP telah menyatakan kesiapannya untuk membantu pelaksanaan pemeriksaan kesehatan aircrew. Cek kesehatan dilakukan di posko terpadu yang berada di lobby terminal bandara.

Pemeriksaan mulai tekanan darah dan bebas alkohol. Ia memastikan cek kesehatan akan berjalan secara kontinyu. (far)