Home > METRO BERITA > METRO GAYA > misteri > Lorong Rahasia di SMAN 1 Terhubung dengan Lawang Sewu ?

Lorong Rahasia di SMAN 1 Terhubung dengan Lawang Sewu ?

Pintu masuk menuju lorong bawah tanah di SMAN 1 Semarang, yang konon bisa tembus hingga Lawang Sewu. Foto: metrosemarang.com/achmad nurseha
Pintu masuk menuju lorong bawah tanah di SMAN 1 Semarang, yang konon bisa tembus hingga Lawang Sewu. Foto: metrosemarang.com/achmad nurseha

SEMARANG – Keberadaan lorong bawah tanah yang berada di SMA Negeri 1 Semarang memang cukup menghebohkan. Sampai sekarang, fungsi dan ujung dari lorong itu masih menjadi misteri. Konon, lorong tersebut terintegrasi dengan Lawang Sewu, benarkah?

Lorong yang berada di bawah aula SMAN 1 itu terkesan ‘disembunyikan’. Pada Rabu (25/3) siang, tim metrosemarang.com berhasil membujuk pihak sekolah SMA N 1 Semarang untuk menulusuri lorong penuh tanda tanya itu. Ditemani Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana, Dargito, kami pun mulai membuktikannya.

Untuk masuk ke dalam lorong, kami harus melewati pintu kayu, yang di hari-hari biasa selalu terkunci. Aura mistis memang sangat terasa saat kami memasuki lorong gelap nan berserakan besi serta kayu itu.

Ya, lorong itu sekarang dijadikan gudang oleh pihak sekolah. Lantainya becek tergenang air setumit orang dewasa. Ada tiga pintu untuk masuk lorong itu, yakni dari kanan-kiri aula dan tepat di atas panggung aula. Lorong itu memiliki tinggi sekitar 3 meter dan panjang-lebar sekitar 13 x 13 meter.

Selama di dalam lorong itu, kami mencoba mengecek keberadan pintu atau jalan tembus ke tempat lain. Namun, memang tidak ada pintu atau jalan lain selain tiga pintu yang sudah disebutkan di atas. Sepintas lorong itu tak lebih dari sekadar ruangan yang pengap, gelap, dan becek dikelilingi tembok berlumut.

Setelah sekitar 10 menit berada di dalam lorong, kami tetap tidak berhasil menemukan bukti adanya tembusan ke tempat lain. Namun, sejumlah kalangan meyakini jika dulunya terowongan tersebut merupakan bagian dari benteng persembunyian terakhir dari serangan musuh.

Sayangnya, saat kami mencoba mengabadikan suasana di dalam terowongan, pihak sekolah melarangnya. Hal itu membuat kami semakin yakin bahwa ada ‘sesuatu’ di dalam lorong itu.(ans)

4 komentar

  1. Ada makam di dlmnya (aula).. Kayaknya sii..

  2. jaman aku sekolah aman2 wae wok.. sing nulis lebay ki..