Home > METRO BERITA > LPSK Perluas Jaringan di Asia Tenggara

LPSK Perluas Jaringan di Asia Tenggara

METROSEMARANG.COM – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memperluas jaringan hingga kawasan Asia Tenggara. Imigrasi digandeng untuk memfasilitasi perlindungan saksi dan korban di tingkat Internasional.
lpsk
Melalui kegiatan The Second Annual Meeting of The Asean Network for Witnes and Victim Protection pada tanggal 25-26 Juli 2016, sebanyak 7 negara ikut hadir dan menyampaikan program perlindungan di negara masing-masing. Tujuh negara tersebut antara lain Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar, Kamboja, dan Indonesia.

“Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari annual meeting sebelumnya, serta sebagai upaya memantapkan jaringan perlindungan saksi dan korban di kawasan Asean,” kata Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai kepada wartawan, Selasa (26/7).

Dari pertemuan tujuh negara tersebut, muncul beberapa mandat seperti membangun kapasitas dan kualitas dengan menggelar pelatihan cara memberi perlindungan kepada saksi dan korban, membangun database dan panduan praktik pelindungan saksi dan korban, dan menambah jaringan negara-negara Asean dalam perlindungan saksi dan korban.

Selain itu, untuk memfasilitasi saksi dan korban di tingkat internasional, LPSK sudah membuat MoU dengan Imigrasi Indonesia. Menurutnya, mobilitas korban untuk datang dan masuk harus melalui tahap administratif di kantor imigrasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti kasus perdagangan atau terorisme.

“Inilah salah satu bentuk perwujudan dari keinginan pemerintah kita, jadi ini wujud dari negara untuk melindungi warga,” urainya. (din)