Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Lukisan Kehidupan Amalia Najichah dalam Tetesan Nila Pelangi

Lukisan Kehidupan Amalia Najichah dalam Tetesan Nila Pelangi

METROSEMARANG.COM—NIR Cafe di Patemon, Gunungpati dipenuhi oleh para pengunjung menyambut peluncuran buku Amalia Najichah dengan tajuk “Tetesan Nila Pelangi”, Rabu (8/11) malam.

Penulis Amalia Najichah menampilkan salah satu puisinya berjudul “Undangan Perkawinan”, Rabu (8/11) malam. Foto: metrosemarang.com/adhi permana widodo

Buku yang berisi puisi karya mahasiswa magister Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini dituliskan sejak tahun 2010.

Amalia sendiri mengaku tak hanya menciptakan puisi dari pengalaman pribadi semata. “Pengalaman orang lain yang saya saksikan ataupun saya dengar, saya curahkan dalam kumpulan karya-karya saya,” ucapnya.

Dalam proses menuliskannya pun, ia menyampaikan segala pengalaman dengan lepas tanpa beban apapun sesuai moto yang ia tekuni selama bersastra. “Kenyamanan dan kecamukan saya adalah sastra, sampaikan saja secara lugu dan penuh kejujuran,” jelasnya.

Sebagian besar karyanya pun tak luput dari nilai-nilai yang menekankan peran seorang wanita dalam kehidupan sehari-hari. “Perempuan perlu menunjukkan eksistensinya bahwa ia mampu melakukan sesuatu, dan mengatakan apapun kepada dunia,” tegasnya.

Selain launching buku karya Amalia Najichah, juga ditampilkan pengulasan buku bersama para sastrawan serta pertunjukan musik dan pembacaan puisi oleh komunitas sastra di Unnes. (MG-01)