Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Madu Berwarna Gelap Perangi Penuaan

Madu Berwarna Gelap Perangi Penuaan

ilustrasi
ilustrasi

 

Madu murni yang berwarna gelap ternyata memiliki khasiat memerangi penuaan. Menurut peneliti dari University of Illinois Urbana-Champaign, madu yang berwarna gelap, entah berasal dari tanaman buckwheat atau blueberry, mengandung antioksidan paling banyak dibandingkan madu jenis lain.
Antioksidan melindungi sel dari efek merusak yang ditimbulkan radikal bebas dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, penurunan kognitif dan degenerasi sel. Madu jenis ini juga ampuh untuk mengatasi batuk ketimbang obat batuk sekalipun.

Untuk mendapatkan khasiat madu di atas, cukup tambahkan 2-4 sendok teh madu dalam santapan Anda. Misalnya dalam oat, yoghurt, dan teh. Sebaiknya utamakan menggunakan madu ketimbang gula. Namun berhati-hatilah, sebab ada beberapa jenis madu hutan yang berbahaya jika diminum langsung, seperti madu hutan dari Buton, Sulawesi Tenggara. Madu hutan ini sangat keras dan dapat merusak usus jika diminum langsung, sehingga harus dicampur dengan air terlebih dahulu sebelum diminum.

Anda juga harus jeli dalam membeli madu murni yang berwarna gelap. Sebab banyak pembeli yang memalsukan dagangan mereka. Madu murni biasanya tidak menggumpal jika dimasukkan dalam lemari es. Jika menggumpal, berarti madu telah dicampur dengan air. (ren)