Home > METRO BERITA > Mahalnya..Pemkot akan Kucurkan Rp 150 Juta untuk Bongkar Replika Kapal Cheng Ho

Mahalnya..Pemkot akan Kucurkan Rp 150 Juta untuk Bongkar Replika Kapal Cheng Ho

image

SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang akhirnya mengambil langkah tegas melakukan pembongkaran paksa replika kapal Cheng Ho. Pasalnya, pengelola kapal yaitu Yayasan Tay Kak Sie tak mengindahkan batas toleransi waktu yang diberikan hingga akhir Agustus lalu.

Pembongkaran akan dilakukan menunggu pengesahan APBD Perubahan 2014 oleh DPRD Kota Semarang. Jika berjalan lancar, maka diperkirakan pembongkaran akan dilakukan pada pertengahan September ini. Pemkot telah menyediakan dana pembongkaran di anggaran perubahan tersebut sebesar Rp150 juta.

‘’Sesuai kesepakatan untuk pembongkaran kapal Cheng Ho batas akhirnya adalah 30 Agustus. (Karena belum juga dibongkar), maka kita sepakati bahwa kapal Cheng Ho itu akan dibongkar pemkot,’’ kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi Kamis (4/9/2014)

Hendi, sapaan akrabnya, menjelaskan, begitu anggaran perubahan disahkan oleh dewan maka anggaran pembongkaran itu bisa dipakai. Saat ini pembahasan anggaran perubahan sudah selesai revisi gubernur, tinggal pengesahan DPRD Kota yang diharapkan segera selesai.

‘’Tadi (dewan) sudah selesai membahas tatib dan pemilihan pimpinan dewan, sehingga begitu (anggaran perubahan 2014) sudah disahkan maka anggaran itu bisa dipakai,’’ katanya.

Soal kemana replika kapal Cheng Ho akan dipindahkan, Hendi menyerahkan kepada pihak yang mengelola. Namun yang jelas replika kapal tersebut sangat penting untuk segera dibongkar.

Pengelola sebelumnya menyanggupi untuk membongkar sendiri replika kapal Cheng Ho tersebut. Bahkan mengaku sudah menyiapkan tim khusus untuk melakukan pembongkaran. Mereka berjanji pembongkaran akan dilakukan pada akhir Agustus setelah melakukan tradisi besar keagamaan.

Setelah tenggat waktu habis, dewan Kota Semarang pun mendesak pemkot untuk bertindak tegas segera melakukan pembongkaran paksa. (MS-13)