Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Mahasiswa Baru Unika Dibekali Sikap Kemanusiaan

Mahasiswa Baru Unika Dibekali Sikap Kemanusiaan

Mahasiswa Baru Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata mengikuti Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (foto: Metro)
Mahasiswa Baru Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata mengikuti Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (foto: Metro)

 

SEMARANG – Sebanyak 1.790 mahasiswa baru Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata mengikuti Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari ke depan. Dibuka pada hari ini oleh Rektor Unika, Prof Budi Widianarko, dengan upacara dan perkenalan.

“Tema PTMB kali ini adalah kemanusiaan. Kami melihat, saat ini dunia sedang dirundung persoalan kemanusiaan. Saya tidak menyebut ISIS di Indonesia, tapi apa yang terjadi di Irak sudah menghentak naluri. Kemudian persoalan konflik di Gaza yang tak kunjung selesai. Saya pikir menanamkan sikap-sikap kemanusiaan sangat relevan saat ini,” kata Widianarko.

Situasi pasca-pemilihan presiden di Indonesia saat ini juga dipandang sebagai persoalan kemanusiaan. Widianarko menekankan tidak adanya kekerasan dalam PTMB. Seluruh kegiatan difokuskan ke arah akademik. “Tidak ada kekerasan tentunya. Kami di sini menekankan kemanusiaan, lucu kalau justru memakai kekerasan,” lanjut Widianarko.

Dalam PTMB, Unika tidak menggunakan atribut nyleneh untuk mahasiswa baru. Cukup baju batik di hari pertama. Sebagai refleksi persatuan dalam keragaman. Untuk hari kedua dan ketiga menggunakan pakaian putih hitam. PTMB akan ditutup dengan upacara bendera 17 Agustus pada Minggu (17/8) mendatang. (MS-06)