Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Mahasiswa GameTech Unika Rilis 10 Game Android

Mahasiswa GameTech Unika Rilis 10 Game Android

METROSEMARANG.COM – Minat pada game di kalangan masyarakat yang cukup tinggi membuat Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata melalui Fakultas Ilmu Komputer mulai mengembangkan game edukasi. Ada 13 game edukasi yang dikembangkan di bawah naungan Program Studi Game Technology, 10 di antaranya game berbasis android.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Bertempat di lantai 4 Gedung Mikael, para mahasiswa Jurusan Game Tech melakukan demo tentang game edukasi yang mereka ciptakan, Selasa (2/8). Ada 13 game edukasi yang dilaunching dan dipresentasikan. Semua game tersebut awalnya adalah produk dari tugas akhir (TA) mahasiswa jurusan Game Tech angkatan 2012.

Ketua Prodi Sistem Informasi dan Game Tech Unika, Brenda Chandrawati menuturkan, game yang dibuat oleh mahasiswanya tersebut sudah melalui beberapa tahapan, mulai penelitian hingga pembuatan gamenya.

Menurutnya penelitian ini untuk melihat kebutuhan apa yang saat ini sedang dibutuhkan oleh masyarakat. “Tentu saja penelitian ini untuk melihat apakah nilai edukasi yang ada dalam game sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” terang Brenda.

Salah satu game yang menurut Brenda bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam bidang pariwisata adalah Momoka atau Monopoli Modern Kebudayaan. Game karya Vienta Sonrizki Mayo ini mengadaptasi game monopoli untuk dijadikan sarana promosi kebudayaan Jawa Tengah, khususnya museum dan candi.

Dari 13 game yang dilaunching, 10 di antaranya berbasis Android, dua  berbasis website, dan satu berbasis sensor. Rencananya, beberapa game bakal ditampilkan di Jateng Fair 2016 di stan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. (vit)