Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Mahasiswa KKN Undip Beri Layanan Cek Kesehatan Gratis

Mahasiswa KKN Undip Beri Layanan Cek Kesehatan Gratis

METROSEMARANG.COM – Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggelar cek kesehatan massal bagi warga di Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Pemeriksaan kesehatan ini merupakan rangkaian kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di wilayah tersebut dan dilaksanakan di Alun-alun Bung Karno, Kalijero.

Mahasiswa KKN Undip mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga Ungaran Timur. Foto: metrosemarang.com/istimewa

Ketua Panitia, Muhammad Afniz Julian Fithrianzah mengatakan, kegiatan yang diberi nama “Cekut” (Cek Kesehatan Ungaran Timur) ini menjadi acara puncak KKN di Kecamatan Ungaran Timur yang berlangsung pada Minggu (12/2) silam.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan diri, sehingga kesejahteraan mereka juga akan meningkat,” ungkapnya, dalam rilis tertulis, Jumat (17/2).

Selain cek kesehatan, masyarakat juga bisa melakukan donor darah. Foto: metrosemarang.com/istimewa

Afniz menambahkan, KKN di Ungaran Timur melibatkan 110 mahasiswa Undip dari Fakultas Kedokteran (FK), dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Panitia juga menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) dan instansi kesehatan setempat. “Masyarakat sangat antusias, sekurangnya ada 150 orang yang ikut memeriksakan kesehatan,” ujarnya.

Selain cek kesehatan, kata Afniz, dalam kegiatan tersebut juga diadakan layanan donor darah. “Kegiatan ini juga menjadi ruang bagi mahasiswa untuk memberikan kepedulian kepada sesama, dan juga menjadi sarana sosialisasi studi di Undip,” tutur Dr Suryanti, selaku dosen pembimbing. (MG04)