Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Mahasiswa MMRS UMY Belajar Konsep Syariah di RSI Sultan Agung

Mahasiswa MMRS UMY Belajar Konsep Syariah di RSI Sultan Agung

METROSEMARANG.COM – Konsep syariah yang diterapkan Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung mulai dilirik sejumlah pihak. Salah satunya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang melakukan study banding di rumah sakit yang menjadi pilot project syariah tersebut.

Direktur Umum, Hj Miftahul Izah, SE, M.Kes (jilbab biru) menunjukkan pakaian sesuai syariah yang dikenakan pasien di RSI Sultan Agung. Foto: istimewa

Tak sekadar study banding, disepakati RSI Sultan Agung juga menjadi tempat pembelajaran bagi mahasiswa Magister Manajemen Rumah Sakit (MMRS). Kerjasama ini diaplikasikan dalam penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak di Hall RSI Sultan Agung, belum lama ini.

Pihak UMY diwakili oleh Ketua Program Studi Manajemen rumah sakit Program Pascasarjana UMY, DR dr Arlina Dewi, M.Kes AAK sedangkan RSI Sultan Agung diwakili oleh Direktur Pelayanan dr. H. Sampurna, M.Kes.

“Dengan kerjasama ini, kita berharap mahasiswa Magister Manajemen Rumah Sakit (MMRS) UMY mampu mempelajari konsep Syariah yang sudah diaplikasikan oleh RSI Sultan Agung,” ujar Arlina Dewi, sembari menambahkan jika mahasiswa MMRS UMY harus mampu mengaplikasikan keilmuannya di instansi lain setelah belajar di RSI Sultan Agung.

Pada kesempatan tersebut, dengan didampingi Direktur Umum, Hj Miftahul Izah, SE, M.Kes, pihak UMY berkesempatan melihat secara langsung aplikasi pelayanan kesehatan berbasis syariah di RSI Sultan Agung. Di antaranya imbauan pemakaian hijab bagi pasien perempuan ketika akan divisite dokter pria, hingga larangan berkhalwat (berdua-duaan berlainan jenis) antara dokter dan pasien. (*)