Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Mahasiswa Undip Beri Pelatihan Penanggulangan Bencana

Mahasiswa Undip Beri Pelatihan Penanggulangan Bencana

METROSEMARANG.COM – Mahasiswa D3 Public Relation dari Universitas Diponegoro bekerjasama dengan CV Kelapa Jaya memberikan edukasi mengenai bencana alam dan cara penanggulangan di Lapangan RT 6, RW 10 Srondol Kulon, Minggu (19/11). Kegiatan disertai dengan kegiatan jalan sehat yang dilanjutkan dengan penyuluhan.

Foto: istimewa

Ketua panitia, Dani Cahyanto menjelaskan kegiatan ini digelar karena di wilayah ini berpotensi terjadi bencana tanah Longsor. Masyarakat diberikan edukasi bagaimana cara menyelamatkan diri  bila terjadi bencana Tanah Longsor dan pencegahan mengurangi kerugian yang disebabkan oleh bencana tersebut.

Sebanyak 30 warga setempat diajak untuk jalan sehat mengitari kampung melihat daerah daerah yang pernah dilanda bencana tanah longsor dan senam bersama.

Edukasi bencana alam yang disampaikan oleh Komunitas Pecinta Alam Matrapala dan  MPR (Mahasiswa Pecinta Reptil) dari mahasiswa Universitas Diponegoro.   Dalam materi tersebut masyarakat mendapatkan pengetahuan bagaimana cara bila mendapatkan serangan ular, masyarakat bisa langsung menanggapi dengan cekatan menanggulangi serangan ular tersebut.

“Jika digigit ular berbisa pada tangan, cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengepalkan dihadapkan kebawah, lalu lengan diikat dengan kuat. Tangan yang digigit, segera ditusuk dengan jarum atau disayat agar racun ular keluar,” ujar pemateri dari MPR, Faizal. (ade)