Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Mahasiswa Unika Juara Sayembara Desain di Malang

Mahasiswa Unika Juara Sayembara Desain di Malang

Andre Wijanarko (kanan) dalam seminar terbuka arsitektur Unika Soegijapranata. Foto Metrosemarang
Andre Wijanarko (kanan) dalam seminar terbuka arsitektur Unika Soegijapranata. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Andre Wijanarko (24), mahasiswa tingkat akhir program studi arsitektur Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang berhasil memenangkan sayembara desain di Malang. Obyek yang didesain adalah gedung perpustakaan di Universitas Negeri Malang, kampus yang tergolong tua di Kota Malang.

Andre menggunakan konsep hijau, selaras dengan citra Kota Malang yang sejuk dan dilingkupi pegunungan. Bahkan Andre membuat taman hijau di atap bangunan, dan di sekitar bangunan. Andre menggunakan material kaca untuk dinding bangunan, agar aktifitas di dalam gedung terlihat dari luar.

Hal itu untuk daya tarik sebuah perpustakaan. Mengingat, dewasa ini dengan mudahnya mengunduh buku elektronik dan berbagai artikel di internet, perpustakaan terancam sepi pengunjung. Kelonggaran berinteraksi, ditonjolkan Andre dalam desainnya. “Saya ingim membuat perpustakaan ini menjadi urban livingroom,” kata Andre.

Ia telah mempresentasikan desain perpustakaannya di hadapan seluruh mahasiswa arsitektur Unika. Pekan depan, Andre dijadwalkan menerima penghargaan di Universitas Negeri Malang. (MS-06)