Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Maju Pilkada Jateng 2017, Enam Ketua DPRD Didesak Mundur

Maju Pilkada Jateng 2017, Enam Ketua DPRD Didesak Mundur

METROSEMARANG.COM – Memasuki masa kampanye Pilkada Jateng 2017, enam Ketua DPRD yang maju jadi calon bupati/wali kota kini didesak mundur dari jabatannya.

Ilustrasi
Ilustrasi

Ketua Bawaslu Jateng, Abhan Misbach menyebut masa pergantian paruh waktu (PAW) telah melewati batas yang telah ditentukan. Sehingga para pimpinan DPRD yang memutuskan maju Pilkada seyogyanya segera mengundurkan diri.

“Lebih baik mundur agar tidak mencederai proses pemilihan Pilkada Jateng di tahun depan,” kata Abhan saat dikontak metrosemarang.com, Senin (7/11).

Ia mengaku saat ini masih menunggu penyerahan berkas pengunduran diri dari para calon kepala daerah itu. Setelah itu kata dia, surat resign itu baru diserahkan kepada Gubernur Ganjar Pranowo biar dapat dilakukan pergantian jabatan secepatnya.

Dari data yang dihimpun Bawaslu, kini terdapat 5-6 Ketua DPRD yang maju Pilkada yakni di Salatiga, Jepara dan Banjarnegara.

Agar politik transparan dapat berjalan dengan baik saat Pilkada 2017, ia juga memperketat pengawasan transaksi politik dengan media massa. Salah satunya melarang timses calon memberikan biaya transportasi peliputan dan menggantinya dengan makanan.

“Karena pengawasannya agak repot maka kita koordinasi dengan timses agar menekan hal itu. Kaitannya dengan dana kampanye dimana nantinya akan ada pembatasan dana kampanye tiap wilayah,” tandasnya. (far)