Home > METRO BERITA > Malam 1 Suro, Ponpes Salafiyah Az Zuhri Gelar Sepakbola Api

Malam 1 Suro, Ponpes Salafiyah Az Zuhri Gelar Sepakbola Api

image
Santri putri Pondok Pesantren Salafiyah Az Zuhri juga ikut berpartisipasi dalam sepakbola api. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Menyambut tahun baru Hijriah 1 Muharam, pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Az Zuhri, Ketileng, menggelar pertandingan sepakbola api, Jumat (24/10) malam. Pertandingan yang membutuhkan keberanian tersebut diselenggarakan di lapangan olahraga lingkungan pondok stempat.

Pertandingan tak hanya diikuti para santri putra, tapi juga santri putri. Sorak sorai penonton yang sebagian para santri dan warga di lingkungan pondok bergemuruh tiap kali bola api yang menyala-nyala ditendang ke udara.

Bola api yang dipakai terbuat dari buah kelapa kering yang dicelupkan ke minyak tanah dan dibakar. Tak ada ritual khusus yang dilakukan para santri sebelum pertandingan dimulai. Para pengasuh pondok hanya berpesan sebelum ikut pertandingan agar yakin dan membaca do’a sebisanya. 

Tak cukup hanya sepak bola api, pertandinganpun dilanjutkan dengan sepak bola durian. Para santri terlihat begitu santai menendang dan memainkan buah berkulit keras dan berduri tajam tersebut.

Menurut Gus Lukman, pengasuh Pondok Pesantren Az Zuhri, pertandingan sepakbola api dan sepakbola durian tersebut rutin digelar dan diikuti para santri khusus untuk menyambut datangnya tahun baru Hijriah 1 Muharam.

“Tak ada ritual atau ramu-ramuan khusus untuk para santri, doa dan keyakin saja yang membuat para santri tidak merasakan panas atau sakit saat menendang bola api maupun durian,” urainya. (MS-01)