Home > METRO BERITA > BANJIR SEMARANG > Mangkang Wetan Waspada Luapan Sungai Beringin

Mangkang Wetan Waspada Luapan Sungai Beringin

Genangan air yang terjadi di Jalan Gajahmada sore tadi. Hujan juga mengakibatkan Sungai Beringin meluap, meskitidak terlalu parah.
Genangan air yang terjadi di Jalan Gajahmada sore tadi. Hujan juga mengakibatkan Sungai Beringin meluap, meskitidak terlalu parah.

SEMARANG – Hujan yang sudah mengguyur Kota Semarang sejak Kamis (12/2) sore tadi menimbulkan genangan di beberapa wilayah. Sungai Beringin juga sempat meluap, meski belum mengakibatkan dampak yang cukup luas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Iwan Budi Setiawan mengatakan, sejauh ini genangan air yang ditimbulkan masih dalam batas normal.

“Tidak ada wilayah yang parah terkena banjir. Genangan air paling tinggi di wilayah Pasar Waru, dengan ketinggian sekitar 50 centimeter. Sedangkan di beberapa jalan protokol memang ada genangan tapi masih normal,” katanya, saat dihubungi metrosemarang.com sekitar pukul 21.00.

Iwan menambahkan, tingginya intensitas hujan hari ini juga sempat mengakibatkan debit air di Sungai Beringin meningkat. Bahkan, lanjutnya, sempat terjadi luapan tapi tidak sampai menimbulkan dampak luas.

“Sore tadi memang sempat meluap dan ada satu RW di Mangkang Wetan yang terkena dampaknya. Sejauh ini belum ada informasi soal tanggul jebol,” tambahnya.

Iwan mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan, khususnya yang berada di lokasi rawan bencana banjir maupun tanah longsor. “Pemerintah sudah berusaha maksimal untuk meminimalisasi bencana. Masyarakat juga harus ikut berperan aktif untuk menjaga lingkungannya masing-masing,” pungkasnya. (twy)