Home > METRO BERITA > Mangkrak Setahun, Pasar Klithikan Segera Dibangun

Mangkrak Setahun, Pasar Klithikan Segera Dibangun

METROSEMARANG.COM – Pasar Klithikan Penggaron tahun ini akan kembali dilanjutkan pembangunannya. Pasar yang dibangun tahun 2013 lalu itu sempat mangkrak setahun. Nantinya pasar ini akan digunakan untuk relokasi pedagang sepanjang bantaran Sungai Banjir Kanal Timur (BKT).

Kondisi Pasar Klithikan Penggaron. Foto: metrosemarang.com/dok

”Tahun ini akan kita lanjutkan pembangunannya dengan anggaran Rp 15 miliar. Saat ini sedang proses persiapan untuk lelang, dan harapannya April sudah bisa dikerjakan,” kata Kabid Pembangunan Dinas Perdagangan Kota Semarang, Nurkholis, Kamis (26/1).

Pembangunan tersebut terdiri dari 3 blok, yaitu di blok 1, 2 dan 3. Nurkholis mengatakan diharapkan pembangunan selesai pada akhir tahun. Sehingga bisa segera digunakan untuk relokasi pedagang di bantaran BKT.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto menambahkan, anggaran pembangunan Rp 15 miliar dan anggaran relokasi seluruh warga di bantaran BKT Rp 3,5 miliar. Sehingga total anggaran yang sudah disiapkan Rp 18,5 miliar.

Diharapkan pembangunan pasar akan selesai akhir Oktober nanti. Sehingga diperkirakan awal November relokasi sudah bisa dilakukan. Pada bulan Desember atau akhir tahun bantaran BKT harus sudah bersih semua dari bangunan atau pedagang.

Seluruh pedagang harus pindah ke Pasar Klithikan. Namun jika tidak mencukupi sisanya akan dipindahkan di Pasar Banjardowo.

”Akan ada zonasi di Klithikan. Ada 1.200 kios atau los. Tapi jumlah pedagang yang akan masuk 1.327. Lainnya akan ditempatnya di sekitarnya. Tapi kalau masih tidak cukup dimasukan Pasar Banjardowo,” katanya. (duh)