Home > METRO BERITA > Sosialita > Marchellinus Ivan: Ciptakan Alat Penghalus Sampah Organik

Marchellinus Ivan: Ciptakan Alat Penghalus Sampah Organik

Marchellinus Ivan. Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono
Marchellinus Ivan. Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono

 

Membakar sampah masih menjadi cara yang dinilai efektif untuk menghilangakan sisa-sisa. Namun, efek sampingnya adalah timbulnya polusi yang dapat membahayakan lingkungan dan manusia.

Itulah yang membuat Marchellinus Ivan untuk menciptakan alat untuk menghaluskan sampah organik agar bisa diolah menjadi lebih bermanfaat. Alat penghancur sampah ini baru diciptakan dan dikenalkan pada awal Nopember 2014 lalu.

“Daun yang halus bisa dibuat pupuk dengan cara ditimbun. Daun kering juga bisa dibuat untuk kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual yang lebih mahal,” kata dia.

Menurut siswa kelas X jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Institut Pendidikan Teknik Karangpanas Semarang tersebut, sudah ada lima dinas yang berminat untuk memesan alat tersebut. Terlebih lagi, membakar sampah merupakan kegiatan yang dilarang di lingkungan pemerintahan.

Untuk membuat satu unit alat penghalus sampah organik ini, dia dibantu timnya bisa menyelesaikan dalam satu pekan. Alat ini digerakkan dengan motor listrik. “Satu unit kami banderol dengan harga sekitar Rp. 5 juta,” ujarnya. (ade)