Home > METRO BERITA > Sosialita > Mario ‘Panser’ Baskoro: Gencar Perangi Nyanyian Rasis

Mario ‘Panser’ Baskoro: Gencar Perangi Nyanyian Rasis

Mario Baskoro Foto Metrosemarang/Ade Lukmono
Mario Baskoro
Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

MEMILIKI jiwa kepemimpinan yang tinggi ditunjukkan oleh Mario Baskoro, Ketua Panser Biru (kelompok suporter PSIS Semarang). Dia harus memperhatikan para anggota Panser Biru yang jumlahnya tidak sedikit.

Terutama jika pertandingan tandang, Mario sangat memperhatikan keselamatan para anggotanya. Dia harus memastikan bahwa daerah tujuan tandang PSIS aman dari gesekan antarsuporter. Seperti pada pertandingan di Bogor lalu, Mario memberi izin kepada teman-teman pendukung PSIS untuk turut mendukung.

Di lapangan pun Mario tidak serta merta diam. Dia mengajak seluruh suporter untuk menyanyikan yel-yel agar penampilan tim kesayangannya bisa maksimal. “Di kepengurusan sudah terbentuk divisi yang mengurusi koreografi agar pertandingan semakin meriah,” kata dia.

Pria asli Semarang ini senang, nyanyian-nyanyian yang berbau rasisme sekarang sudah tidak terdengar lagi. Untuk itu, dia juga gencar mengawasi pengaturan alat musik dan lagu yang dinyanyikan.

Selain kegiatan mengawal PSIS, Panser Biru di bawah komandonya juga mengadakan kegiatan sosial. “Setiap mendekati hari raya Idul Fitri kami mengadakan pembagian takjil dan menyantuni anak yatim di panti-panti asuhan Semarang,” terang dia. (ade)