Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Masjid Al Muttaqin Kaliwungu Gelar Festival Maulid

Masjid Al Muttaqin Kaliwungu Gelar Festival Maulid

METROSEMARANG.COM – Yayasan Masjid Al Muttaqin dan elemen kepemudaan di Kaliwungu Kendal akan menggelar Festival Al Muttaqin 1439 H memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW. Festival ini rencananya akan digelar selama tiga hari mulai tanggal 1 Desember 2017 hingga 3 Desember 2017.

Festival Al Muttaqin akan digelar mulai 1 Desember untuk memeringati Maulud Nabi Muhammad 2017. Foto: metrojateng.com

“Untuk kegiatan awal kami panitia akan menggelar pawai ta’aruf dengan rute dari Masjid Al Muttaqin melintas jalan pantura dan berakhir di kantor Kecamatan Kaliwungu. Pesertanya merupakan grup drum blung dari beberapa kampung. Temanya menyemarakkan Maulud Nabi sekaligus mempromosikan kegiatan festival Desember mendatang,” ujar Ketua Panitia Festival Al Muttaqin, Ustad Lukmanul Hakim, Kamis (2/11).

Dikatakan pawai ta’aruf akan dilaksanakan tanggal 19 November 2017, peserta pawai nantinya akan dinilai keserasian dan kekompakan berdasarkan tema yang ada. “Sedangkan untuk puncak kegiatan yakni Festival Al Muttaqin akan dipusatkan di parkir masjid. Kegiatannya mulai bazar UMKM dari sembilan desa di Kecamatan Kaliwungu dengan tema one village one product,” imbuhnya.

Kegiatan lainnya yang akan digelar dalam festival ini, lomba weh-wehan dengan bahan dasar singkong, lomba teng-teng-an, lomba rebana dan berbagai hiburan. “Untuk lomba teng-tengan yang menjadi budaya Kaliwungu sudah dimulai tanggal 1 Robiul Awal. Yang dinilai bukan hanya teng-tengan saja, tetapi semaraknya kampung menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW. Jadi nanti setiap kampung mulai menghias dengan berbagai lampu dan hiasan lainnya dari tanggal 1 Robiul Awal hingga 12 Robiul Awal,” terang Lukmanul Hakim.

Selain lomba teng-tengan kampung juga diselenggarakan lomba teng-tengan tingkat umum. Pusat festival Al Muttaqin nantinya juga menggelar pengajian memperingati Maulud Nabi dan hiburan OM Malaya Kaliwungu.

Camat Kaliwungu, Dwi Cahyono mengatakan, festival ini nantinya akan  menjadi agenda tahunan. “Kita sengaja untuk tahun ini dibuat lebih meriah dan semarak. Harapanya Kaliwungu bisa lebih dikenal melalui Festival Al Muttaqin. Dalam festival ini memang yang diangkat adalah tradisi dan budaya lokal Kaliwungu menyambut Maulud Nabi mulai dari Ketuwinan, weh-wehan dan  teng-tengan,” katanya. (metrojateng.com/MJ-01)